Tips Hindari Kehilangan Tas Bawaan (Lost Baggage)


A1
Sumber foto: Dokumen pribadi.

Musim liburan tiba. Dipastikan banyak orang turut berpergian dengan berbagai moda transportasi, salah satunya pesawat.

Berikut adalah pengalaman saya untuk menghindari kehilangan tas saat berpergian (lost baggage) yang mungkin bisa anda tiru:

  1. Pastikan anda mengingat tas dan barang-barang yang akan anda bawa.

Saya pernah kehilangan tas kamera saya karena terlalu banyak barang bawaan. Setelah itu, saya belajar bahwa hanya ada 3 tas dan barang saja yang saya bawa. Usahakan untuk mengingat apa saja yang anda bawa. Agar tidak kerepotan dan berceceran, sebaiknya usahakan untuk menjadikannya dalam satu tas bawaan besar.

  1. Banyak koper, tas, barang yang sama maka beri penanda jelas

Ingat bahwa bisa jadi tidak hanya anda yang memiliki barang dan tas yang serupa dengan anda. Jika anda berpergian dalam kelompok kecil, anda bisa mengkaitkan satu barang dengan barang lain. Atau beri pita atau penanda yang dibalutkan di tas anda sehingga mudah terlihat dan dikenali saat pengambilan tas/barang.

  1. Beri label tas dan barang yang anda bawa.

Di beberapa maskapai, mereka biasa menyediakan label tas dan barang sebagai informasi penunjuk kepemilikan. Anda bisa memanfaatkan label yang tersedia dari layanan maskapai. Jika tidak, anda bisa menggunakan kreativitas anda untuk memberikan label pada tas koper dan barang yang anda bawa. Tulis nama jelas (huruf kapital) yang mudah terbaca dan asal anda. Terkadang untuk berpergian jarak jauh, saya menuliskan nama panggilan, email dan nomor telpon saya. Hal ini untuk memberikan informasi kepemilikan tas dan barang jika terjadi kehilangan atau tertukar.

  1. Masukkan nama dan alamat anda dalam amplop dan disisipkan di tas.

Dalam beberapa hal, label tas/barang anda mudah hilang atau rusak. Bahkan ada beberapa tas yang tidak mudah untuk diberikan label karena tampilannya. Jadi masukkan amplop yang berisi nama dan alamat jelas yang menjadi tujuan anda yang disisipkan dalam tas. Misalnya, anda berpergian dari Jakarta ke Surabaya, maka tulis nama anda dan alamat hotel/lokasi tinggal anda di Surabaya. Hal ini diperlukan untuk memudahkan petugas bandara untuk mengetahui kepemilikan tas sesuai informasi yang tertera.

  1. Periksa kembali daftar bawaan dalam tas

Cek lagi apakah semua barang yang ingin anda bawa sudah benar dan ada di dalam tas. Daftar bawaan ini diperlukan agar semua barang yang diperlukan memang benar-benar anda bawa.

  1. Foto tas yang akan anda bawa

Dengan kecanggihan masa kini, anda juga bisa memfoto barang bawaan dan tas anda sebagai bukti otentik kepemilikan barang anda.

  1. Simpan bukti kepemilikan tas dan bawaan yang diberikan maskapai.

Setelah petugas memberikan bukti kepemilikan tas dan bawaan anda, segera simpan ke dalam dokumen perjalanan agar tidak tertinggal atau hilang.

Ada dua hal yang sebaiknya tidak dilakukan yakni:

  1. Jangan terlalu banyak membawa barang, ingat kapasitas dan berat barang!

Pikirkan kembali berat barang yang anda bawa, apakah sesuai dengan jasa layanan yang ditawarkan maskapai penerbangan anda? Jangan sampai anda membawa tas dan barang bawaan melebihi kapasitas yang ditawarkan maskapai. Anda juga bisa menggunakan jasa titipan untuk membawa barang yang ingin anda bawa menuju lokasi tujuan anda. Ingat pula, tiap maskapai memiliki aturan berat barang yang berbeda dan bergantung pada tujuan penerbangan anda.

  1. Jangan masukkan dokumen perjalanan, barang berharga dan obat-obatan ke dalam koper anda yang anda perlukan kurang dari 24 jam!

Jika anda kehilangan koper atau bawaan anda, sebaiknya:

  1. Tidak usah panik.
  2. Laporkan kepada petugas bandara atau petugas maskapai penerbangan.
  3. Tunjukkan bukti administratif yang anda miliki.
  4. Tanyakan prosedur yang harus dilakukan untuk mengklaim barang tersebut.

Selamat Berlibur!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s