Hubungan Medsos dengan Kesehatan Jiwa


Masih seputar medsos yang baru saja dibicarakan. Sebuah studi baru-baru ini disampaikan dari Ottawa, Kanada terkait maraknya penggunaan media sosial pada remaja. Dikatakan bahwa mereka yang menghabiskan lebih dari dua jam dalam sehari menggunakan media sosial cenderung memiliki gangguan mental.

Penelitian melibatkan lebih dari 700 siswa sekolah yang berusia antara 12 dan 18 dan ditanya seberapa lama dalam satu hari menghabiskan diri di situs media sosial seperti Facebook, Twitter, MySpace dan Instagram. Hasilnya menunjukkan bahwa kemungkinan mereka lebih tinggi tiga kali lipat mengalami gejala-gejala gangguan mental seperti kecemasan, depresi hingga mengancam jiwa atau bunuh diri.

Terkadang remaja berpikir bahwa internet adalah hiburan yang menyenangkan dan bisa mencari solusi dari kesepian yang mereka alami. Kenyataannya tidak demikian, mereka telah berupaya menghentikan realitas kehidupan yang sebenarnya.

Senada dengan penelitian ini, minggu lalu Amerika baru saja merilis studi bahwa kecanduan ponsel berdampak pada depresi.

Melalui studi ini diharapkan orang tua dapat turut serta melakukan pengawasan terhadap aktivitas remaja dan anak-anak yang menghabiskan waktu berjam-jam di media sosial. Bagaimanapun internet di masa kini sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan mereka.

Apa anda setuju dengan hasil penelitian ini?

Sumber bacaan:

http://www.dailymail.co.uk/health/article-3172360/How-Instagram-Facebook-leave-teenagers-suicidal-spend-two-hours-day-social-networking-sites-likely-mental-health-problems.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s