Tidak Bisa Kontrol Berbelanja? Bisa jadi Anda Ekstrovert


Apakah anda termasuk orang yang suka berbelanja atau istilah kerennya, shopping? Baru-baru dirilis hasil penelitian yang menunjukkan ada pengaruh tipe kepribadian dengan perilaku berbelanja. Hirsh menemukan di Amerika bahwa orang-orang yang suka berbelanja umumnya adalah mereka yang berkepribadian ekstrovert.

Hirsh berkata, “Semakin ekstrovert penduduknya, maka tingkat kesadaran untuk menabung rendah.” Melalui studi ini ingin ditunjukkan bagaimana psikologi kepribadian berkontribusi pada pengambilan keputusan dan perilaku ekonomi. Apakah anda setuju dengan hasil penelitian ini?

Ciri-ciri kepribadian ekstrovert, itu seperti apa? Mereka yang ekstrovert adalah mereka yang suka mengekspresikan diri dengan berbicara, aktif, dan umumnya enerjik. Hal ini tentu bertolak belakang dengan kepribadian introvert, yang lebih banyak berpikir ketimbang berbicara. Lebih suka diam ketimbang bergerak seperti saya.

Jadi apa hubungan kepribadian dengan perilaku berbelanja?

Mereka yang ekstrovert memiliki pribadi yang mudah dipengaruhi ketimbang introvert, itu pendapat saya. Ketika mereka datang ke shopping center, tentu godaan untuk berbelanja jadi semakin besar. Jika pengelolaan dihabiskan untuk berbelanja, otomotis daya untuk menabung jadi rendah.

Berikut tips dari saya agar bisa mengendalikan pengeluaran berbelanja anda,

  1. Hindari Mall atau pusat perbelanjaan.

Jika kebutuhan saya untuk menabung besar, saya sedapat mungkin mencari aktivitas lain ketimbang jalan-jalan ke Mall. Saya bisa membaca, memasak, membersihkan rumah atau apa saja dibandingkan harus menghampiri mall. Jika tidak perlu berbelanja, sebaiknya hindari dulu saja.

  1. Tulis barang yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan.

Untuk belanja kebutuhan pokok, atau lebensmittel biasanya saya menulis barang yang memang diperlukan. Barang yang diinginkan akan saya letakkan di daftar paling bawah, atau kadang simpan saja dalam pikiran. Jika ingat dibeli, tentunya. Karena bukan barang wajib, tentu daftar keinginan sebaiknya diabaikan saja, demi barang yang dibutuhkan.

  1. Bawa uang secukupnya, tinggalkan kartu kredit dan debit.

Ini trik yang jitu juga, saat berbelanja tinggalkan semua kartu berharga anda. Apa pun itu, buatlah anda membawa uang yang anda rasa cukup sesuai daftar belanja anda. Keinginan yang kuat untuk berbelanja bisa jadi disebabkan karena anda membawa kartu yang memudahkan transaksi anda.

  1. Minta orang sekitar untuk mengingatkan anda saat berbelanja.

Urusan tips ini biasanya saya serahkan kepada suami saya. Saya selalu meminta suami saya untuk jadi alarm yang memberi tahu saya untuk tidak membeli. Hasilnya berhasil, banyak barang yang saya tunda untuk dibeli hingga saya membutuhkannya.

Hmm, anda tertarik untuk mencoba tips pengendalian diri di atas yang saya praktikkan?

Selamat mencoba🙂

Sumber bacaan: http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-3176570/Can-t-control-shopping-habit-probably-extrovert-say-scientists.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s