Resep Pernikahan Sehat


wpid-1-2.jpg
Sumber foto: Dokumen pribadi

Suatu kali seorang teman datang dan mengeluh tentang pernikahannya pada saya. Ia menyesal telah menikah dengan sang suami, padahal penyesalannya itu telah menghasilkan tiga buah hati yang cantik dan tampan. Mereka sudah dikaruniai oleh segudang kemewahan juga. Apa yang kurang? Teman saya ini pun membandingkan pernikahannya yang sudah hampir sepuluh tahun dengan saya yang baru seumur jagung. Mulailah ia membandingkan dari A hingga Z.

Apa yang dibandingkan oleh teman saya ini hanya ‘kulitnya’ saja. Ia iri melihat kemesraan pasangan lain. Ia ingin suaminya berubah romantis, yang menurut saya romantis itu relatif. Jika pasangan lain bisa awet hingga sepuluh, dua puluh, atau bahkan melewati pesta pernikahan perak atau emas, bukan berarti pernikahan tersebut tidak melewati badai dan gelombang dalam perjalanannya.

Maraknya media sosial yang ditunjukkan dengan aneka postingan mesra antar pasangan seperti status dan foto hanya merupakan irisan permukan, bukan keseluruhan. Tidak ada pernikahan sempurna layaknya pangeran dan putri di kerajaan dongeng.

Jadi kunci pernikahan yang sehat adalah,

  1. Berhenti mengeluhkan pernikahan anda, tetapi mensyukuri seseorang yang sedang berjuang bersama anda untuk membangun impian.
  2. Tidak membandingkan pernikahan anda dengan mereka. Anda sebagai orang yang bertanggungjawab menjalankan pernikahan, bukan mereka.
  3. Jangan pernah membandingkan pasangan anda dengan orang lain! Siapa pun tidak suka dengan hal itu.
  4. Berpikirlah bahwa tidak ada yang sempurna, termasuk pernikahan!

Seperti yang dikatakan bahwa jika kita mulai membandingkan, tentu ini akan menjadi racun yang akan merusak pikiran dan tentunya pernikahan anda sendiri.

Sumber bacaan:

https://www.yahoo.com/health/why-comparing-your-marriage-to-others-is-toxic-123751444925.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s