3 Hal Tingkatkan Pikiran Positif


Setiap orang punya 24 jam yang sama dalam satu hari. Anda dan juga saya disibukkan dengan berbagai pekerjaan dan rutinitas yang membuat kita larut dalam aktivitas tersebut, kadang menyenangkan kadang pula membosankan. Dalam keadaan tertentu, hal-hal negatif bisa saja muncul meski kita sudah dilatih untuk selalu berpikir dan bersikap positif. Namun kenyataannya hal negatif bisa saja muncul dari luar diri, seperti lingkungan atau orang lain.

Nah, apa yang dapat membuat anda tetap merasa puas, gembira dan penuh syukur dalam hidup ini? Apa hobi dan kesukaan anda? Apa minat anda? Lakukan itu!

Berikut saya kutip tiga hal yang dapat meningkatkan pikiran positif berdasarkan hasil riset, antara lain:

  1. Meditasi

Riset yang baru saja dilakukan oleh Frederickson dan kelompoknya telah menunjukkan bahwa orang yang sehari-hari melakukan meditasi ternyata menunjukkan emosi yang lebih positif dibandingkan mereka yang tidak sama sekali. Mengapa? Karena mereka yang melakukan meditasi diyakini berhasil meningkatkan kesadaran, tujuan hidup, dukungan sosial hingga mampu menurunkan sindrom penyakit.

Jika meditasi sulit bagi anda, luangkan waktu sejenak untuk berdoa. Setidaknya anda memiliki kekuatan spiritual yang anda yakini kepada sesuatu yang Ilahi. Ada pepatah yang mengatakan bahwa jangan pernah meremehkan kekuatan doa, karena doa menimbulkan energi yang positif dalam hidup. Apakah anda sudah berdoa hari ini?

  1. Menulis Hal yang Positif
wpid-menulis2.jpg
Tulislah hal yang positif! Hal ini akan membantu anda untuk selalu berpikir positif pula.

Sebuah riset dirilis oleh Journal of Research in Personality yang meneliti sekelompok mahasiswa. Ada 90 orang yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama menulis tentang pengalaman intens positif setiap hari selama tiga hari berturut-turut. Kelompok kedua diminta untuk menulis tentang topik lain. Hasilnya, diteliti tiga bulan kemudian. Ternyata para mahasiswa di kelompok pertama memiliki tingkat mood yang lebih baik, jarang mengeluh sakit dan jarang berkunjung ke pusat kesehatan.

Jika menulis menjadi kelemahan buat anda, silahkan memposting kalimat-kalimat positif dalam media sosial. Mengapa? Dengan menulis kalimat positif akan lebih baik ketimbang caci maki yang akan menjadi sampah. Menulis adalah ekspresi terhadap apa yang anda pikirkan dan alami. Jika ingin menulis berupa kritikan, tulislah dengan santun dan solutif. Setidaknya anda tahu bahwa anda sebagai penulis pun tahu bagaimana seharusnya berpikir positif dan menuliskannya dengan baik. Selain sebagai penulis, anda juga kelak akan menjadi pembacanya juga.

Sediakan waktu sejenak dalam hidup untuk memiliki catatan kehidupan anda sendiri, misalnya dalam blog atau buku harian. Meski kesannya sepele, tetapi anda tidak akan pernah tahu bahwa pengalaman atau pikiran berharga anda di masa lalu ternyata mempengaruhi anda hingga kini. Jadi tulislah respon positif tentang anda!

  1. Bermain

Mengapa di hape kita selalu ada fitur permainan meski hanya sekedar ular yang tak berwarna dan meliuk-liuk? Karena pada dasarnya setiap orang suka bermain, meski sudah dewasa dan senior sekalipun. Mereka ingin menyenangkan diri sendiri, itu prinsip permainan. Seberapa sibuknya diri anda, luangkan waktu untuk bermain dengan buah hati anda sendiri, misalnya.

Saya pikir konteks bermain memiliki lingkup luas, apa pun itu tidak melulu terkait dengan alat atau video games. Gunakan berbagai media yang anda pikir bisa dinikmati sebagai permainan yang membuat anda tertawa lepas, tidak terbebani bahkan merasa kecurangan. Biarkan anda larut dalam suasana menyenangkan, tetapi lepas dari intrik yang curang dan penuh kompetisi. Apa permainan favorit anda?

Semoga bermanfaat J

Sumber bacaan: http://www.huffingtonpost.com/james-clear/positive-thinking_b_3512202.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s