Mengapa Anak Sulung Lebih Pintar?


wpid-vvv.jpg
Anak-anak suku Baduy. Sumber foto: Dokumen pribadi

Pertanyaan itu diajukan oleh seorang teman saat kami sedang makan siang. Saya pun tergelitik untuk menyelidiki demikian, benarkah? Hal ini terkait dengan tulisan saya sebelumnya, apakah anak sulung lebih sukses https://liwunfamily.wordpress.com/2014/05/04/anak-sulung-lebih-sukses/. Meski kesuksesan bukan jaminan tentang kepintaran seseorang tetapi pertanyaan kawan saya tadi ingin segera dijawab.

Berdasarkan dari hasil studi dan bacaan berikut yang berhasil dirangkum:

  1. Editor Majalah Parenting berpendapat bahwa anak pertama mendapatkan perhatian yang besar dari keluarga dan kerabat orangtua. Anak pertama dianggap sebagai bentuk tanggungjawab orangtua saat pertama kali menjadi orangtua sehingga anak pertama cenderung diperlakukan secara sempurna. Sebagian besar waktu, tenaga dan juga mungkin uang diinvestasikan untuk anak pertama. Meski anak kedua dan selanjutnya diperlakukan hal yang sama tetapi pada anak pertama, orangtua lebih mencurahkan perhatian terbesarnya dibandingkan anak yang lain. Lebih lanjut, ia berpendapat bahwa anak pertama menjadi pusat perhatian sehingga anak pertama menjadi ambisius untuk sukses. Mereka juga lebih giat dan berkembang lebih cepat seperti menyerap kosakata. Hal ini menunjukkan bahwa mereka lebih cerdas.
  2. Ada sebuah studi yang menemukan bahwa orangtua ternyata lebih ketat memberlakukan aturan kepada anak pertama seperti nonton tivi, melaksanakan PR sekolah, dsb dibandingkan anak yang kedua dan selanjutnya. Setelah anak pertama, orangtua biasanya sudah mulai longgar dalam memberlakukan aturan.
  3. Sebuah studi jangka panjang ditunjukkan tentang pengaruh urutan kelahiran terhadap penilaian performa akademis di sekolah. Hasilnya ada pengaruh urutan kelahiran dengan hasil akademis yang diterima anak. Anak pertama cenderung memiliki skor yang lebih baik.
  4. APA (American Psychological Association) juga merilis hasil riset yang dilakukan oleh Frank dan koleganya. Studi mereka terhadap 90 kakak beradik di suatu sekolah menengah ingin mengetahui intelegensi, etos kerja dan performa akademis. Hasil mereka juga diverifikasi dengan rapot siswa yang diteliti itu sendiri. Ternyata anak sulung memiliki kecenderungan yang lebih baik dalam penilaian. Penelitian ini juga menyatakan bahwa ada banyak faktor mengapa hal itu terjadi, seperti orangtua mendampingi dan menaruh perhatian lebih pada anak pertama dibandingkan anak yang lain.

Beberapa hal yang menarik untuk saya:

  1. Bukan anak pertama, tengah atau bungsu yang menjadi kunci keberhasilan seorang anak. Sebaiknya orangtua bisa mengatakan bahwa setiap anak adalah terbaik dan mereka juga pandai.
  2. Jangan pernah membandingkan seorang anak dengan anak yang lain! Kerap orangtua ingin seorang anak mencontoh anak yang lain. Rasanya itu tidak adil. Setiap anak itu unik. Mereka tumbuh dengan karakter dan jiwa yang berbeda pula.
  3. Anak pertama bukan eksperimen. Perlakukanlah semua anak sama rata dan sama rasa!

Bagaimana menurut anda?

Sumber bacaan:

http://www.surfnetparents.com/1654/personality-traits-of-your-firstborn-child/

http://edition.cnn.com/2013/10/23/living/parents-first-borns-smarter-why/index.html

http://www.nbcnews.com/id/38683279/ns/health-childrens_health/t/sorry-kid-first-borns-really-are-smarter/#.VeB8yZfIsSE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s