Ngelembur di Kantor, Pikir Dulu Hal ini!


Bagi anda yang sering berlama-lama di kantor harus mulai menyimak hasil studi berikut ini. Mengapa? Karena bekerja berlebihan di kantor seperti duduk berjam-jam di depan komputer diidentifikasikan akan meningkatkan risiko stroke tiga kali lebih tinggi.

Baru-baru ini riset yang menguji kejadian stroke ternyata ditemukan pada mereka yang berisiko lebih tinggi pada orang yang suka duduk berlama-lama di depan komputer kantor. Di Uni Eropa yang memiliki rata-rata waktu kerja 48 jam per minggu diteliti bahwa ada hubungan antara lamanya jam kerja dengan risiko penyakit jantung. Ini adalah satu dari sekian studi sebelumnya yang dilakukan untuk menyelediki peningkatan stroke dengan lamanya bekerja di kantor. Hasil studi lain juga menyebutkan mereka yang bekerja lebih dari 55 jam per minggu akan memiliki risiko 33 persen menjadi korban serangan jantung.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Kemungkinan pekerja yang mengalami serangan jantung mendadak karena stress pekerjaan, terlalu lama duduk sehingga kurang aktivitas/gerak dan pola makan yang tidak sehat.

Anda yang tidak mungkin mengurangi jam kerja di kantor, bisa mengantisipasi dengan tips di bawah ini:

  1. Atur dan kelola hal-hal yang harus dikerjakan.

Buatlah skala prioritas yang harus dikerjakan setiap hari yang dapat diatur sehingga anda dapat menghabiskan waktu secara produktif. Atur dengan check list hal-hal yang harus dikerjakan setiap hari yang dapat membantu anda mengelola pekerjaan.

  1. Tidak melulu duduk, lakukan brain games atau berjalanlah mengelilingi ruangan kerja atau menggunakan tangga.

Jangan habiskan berjam-jam di depan layar komputer dengan duduk di kursi. Pergilah ke suatu tempat yang membuat anda rileks, seperti taman atau ruang yang bebas udara. Lakukan brain games yang mudah dan sederhana sehingga membuat anda rileks. Jika selama ini menggunakan lift, berlatihlah menggunakan tangga untuk menuju ke atas atau ke bawah ruang kantor.

  1. Perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi

Sarapan sebelum bekerja itu penting, agar otak anda bekerja dengan baik. Makan siang sesuai waktunya. Jangan sampai anda melewatkan makan siang anda! Perhatikan juga apa yang anda konsumsi, terutama cemilan atau makanan selingan sambil bekerja di kantor.

  1. Lakukan happy hour

Usai bekerja, sediakan waktu lowong untuk berbagi pengalaman atau kesenangan dengan rekan kerja. Hindari stress dan masalah dalam pekerjaan dengan bercerita, temukan peer sharing di kantor sehingga anda bisa mengekspresikan pengalaman dan perasaan yang tidak menyenangkan. Happy hour, apapun itu! Senangkan diri anda usai bekerja agar anda tidak menemukan hal yang menyenangkan di luar rutinitas pekerjaan anda seperti berbelanja, pergi ke kafe, karaoke, nonton bioskop, dsb.

Semoga bermanfaat😀

Sumber bacaan: http://www.dailymail.co.uk/news/article-3204160/Staying-late-office-raise-stroke-risk-workers-exercise-drink-sit-computer-hours.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s