Sebagai Pemimpin, Bersemangatlah!


blog 1
Sumber foto: dokumen pribadi

Pernah memiliki atasan yang loyo dan tak bersemangat? Apakah anda menjadi malas dan ogah-ogahan ketimbang bekerja keras karena melihat atasan anda yang tidak bersemangat? Atau justru sebaliknya, anda menjadi bersemangat bekerja ketika melihat pemipin yang jadi atasan anda bergairah untuk memotivasi anda.

Sebagian besar kita terbiasa untuk menjadi manusia konformitas, yang mudah dipengaruhi apalagi dengan pemimpin yang menjadi inspirasi dan motivasi sehari-haari anda dalam bekerja. Kita menjadi bergairah ketika melihat pemimpin antusias dan bersemangat, betul begitu?

Berikut hal-hal yang bisa dilakukan bagi seorang pemimpin,

  1. Kembangkan visi anda!

Bagaimana dapat mengembangkan layar, jika sebagai nahkoda tidak tahu kemana arah perahu. Begitu kira-kira perumpamaan yang bisa diberikan. Visi adalah hal-hal pokok yang dikembangkan untuk kemajuan bersama organisasi atau perusahaan anda. Apa itu? Nyatakan visi anda secara jelas dan terukur sehingga siapa pun akan bekerja bersama anda untuk mewujudkanya.

  1. Pilih tujuan dan misi yang ingin diwujudkan!

Selaku pemimpin, apa yang menjadi tujuan pokok yang hendak dicapai di tahun ini? Sampaikan tujuan tersebut dengan penuh semangat dan menarik. Untuk membuat komitmen kepada orang lain dalam mewujudkan tujuan anda, anda perlu membuat sesuatu yang luar biasa. Visualisasikan apa yang menjadi tujuan dengan bahasa yang tepat. Kata-kata itu penting yang akan membentuk sikap dan perilaku orang lain yang mendengarkannya.

  1. Tingkatkan rasa percaya diri anda!

Seorang bijak pernah berkata, seorang pemimpin akan begitu meyakinkan untuk dipercayai saat ia terlihat percaya diri ketimbang ia punya seribu argumen penjelasan. Apa pun yang terjadi dengan kondisi ekonomi, lingkungan sekitar atau organisasi pihak lawan maka seorang pemimpin senantiasa tahu bagaimana ia harus tampil dengan kepala tegak menginsprasi orang lain. Seorang pemimpin akan sanggup menerima kegagalan atau penolakan dari customer, misalnya.

  1. Fokuslah pada perubahan!

Siapa yang akan bersemangat menerima perubahan? Tidak semua orang suka untuk keluar dari zona nyaman menuju perubahan, termasuk pemimpin. Namun pemimpin akan bisa menginspirasi banyak orang jika ia mampu konsisten untuk berubah. Untuk mencapai suatu kemajuan, diperlukan perubahan untuk organisasi atau perusahaan dan pemimpin adalah tolok ukur perubahan tersebut.

Semangat!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s