Ayo Mulai Menulis!


Menulis adalah kemampuan dasar yang seyogyanya harus dimiliki seseorang agar cakap dan terampil dalam mengelola pengetahuan. Ada orang yang menulis sekedar hobi saja tetapi ada pula berkat menulis, ia mendapatkan uang. Menulis bisa jadi pekerjaan. Menulis bisa juga menjadi ladang rejeki jika ia tekun menghasilkan buah-buah pemikirannya.

Menulis juga kini dijadikan cara untuk menarik perhatian. Lihat bagaimana kecenderungan orang untuk menulis status di media sosial meski tentang hal sepele. Atau menulis di suatu platform semisal blog yang menarik pembaca untuk datang dan berkunjung. Bahkan ada orang yang terprovokasi hanya lewat tulisan. Atau tulisan mampu membuat seseorang yang membacanya jatuh hati.

Masih banyak lagi hal-hal yang bisa dimanfaatkan dari menulis. Intinya, apakah anda rajin menulis? Saya sendiri menjawab, tidak. Di sela-sela kesibukan aktivitas sehari-hari, saya menyusun tips menulis berikut ini agar bermanfaat buat kita semua:

1. Tulislah saat sesuatu terlintas dalam benak anda! Tidak perlu mengkhawatirkan tata bahasa tetapi ingatlah bahwa di akhir tulisan, beri waktu untuk baca ulang apa yang ditulis agar sempurna. Buatlah waktu menulis menjadi hal yang nyaman dan menyenangkan untuk anda meski hal yang terlintas dalam benak anda hanya sekitar beberapa kalimat. Jangan menulis dengan terpaksa! Menulis itu akan menjadi ekspresi pembiasaan jika kita sering mengerjakan tanpa paksaan.

2. Pilih hal yang menarik dan menyentuh untuk dijadikan topik menulis! Kebanyakan pembaca tersentuh dengan ‘compelling stories’, atau hal-hal yang menyangkut sisi humanitas. Jika anda bercerita kebiasaan berangkat ke kantor dengan kereta misalnya, anda bisa tuliskan hal yang menarik saat di kereta seperti bertemu dengan nenek tua dengan dagangannya atau siswa SD yang kehilangan kaki karena kecelakaan, dsb.

3. Pilih juga hal yang disukai anda
Apa hobi anda? Apa minat dan kesukaan anda? Segala yang disukai itu akan lebih mudah untuk dinyatakan dalam tulisan karena itu merupakah hal yang dialami. Menulis berdasarkan pengalaman lebih mudah ketimbang sesuatu yang masih wacana atau teori. Bukankah banyak juga buku yang bercerita berdasarkan pengalaman? Minat travelling maka mereka menulis pengalaman perjalanan. Pernah berkunjung ke suatu tempat wisata, lalu anda bisa tuliskan pengalaman yang dialami sepanjang perjalanan dan berwisata.

4. Tulislah yang menarik pembaca sesuai opini anda dengan segala sesuatu yang sedang terjadi atau trend/kecenderungan yang melanda masyarakat. Terkadang membaca tidak serta merta berkaitan dengan hal yang ilmiah dan objektif. Anda bisa tuliskan pendapat anda seputar pengalaman kehidupan sehari-hari. Hal-hal yang umum dan sehari-hari juga bisa memperkaya wawasan pembaca. Bukankah sekarang terjadi prinsip, sharing to connecting?

Bagaimana? Tertarik untuk tekun menulis? Ayo kita coba bersama:D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s