Ingin Dapat Jodoh? Ubah Sikap Anda


image
Sumber foto: Dokumen pribadi

Kali ini seorang teman curhat di dunia maya, ia bercerita bahwa di usianya yang sudah mendekati kepala empat, ia belum menemukan pendamping hidup. Maksudnya, ia berharap untuk segera menikah.

“Segala cara sudah aku usahakan untuk dapat jodoh. Aku sering pergi ke salon. Aku sudah sulam ini itu. Aku sering fitnes. Apa yang kurang?”gerutu seorang teman lama saat berbicara via telpon tempo lalu. Aku pun diam. Aku bisa paham perasaannya yang dilanda kekhawatiran.

Lain lagi temanku yang lain, ia mengeluh begini, ” Hey Na. Gua itu udah mapan. Kerja stabil. Rumah ada. Mobil ada. Yang belum ada dari gua cuma suami.” Aku pun mengiyakan pernyataannya. Memang jodoh harus dilihat begitu, punya ini punya itu.

Ada lagi teman lain datang menghampiriku lewat obrolan pesan singkat. Dia adalah gadis yang baik dan bersahaja menurutku. Ia pun berkata, “Saya sudah tekun berdoa dan memohon pada Tuhan tetapi jodohku belum datang juga.”

Begitulah teman, saya bisa merasakan apa yang dirasakan oleh teman-teman saya di atas. Cantik, pintar, mapan, rajin berdoa, dan lain-lain bukan merupakan ukuran mendapatkan jodoh. Apa yang menentukannya? Sikap atau dalam bahasa Inggris dikatakan ‘attitude’.

Saya wawancara beberapa teman pria yang sudah menikah, apa alasan utama mereka memilih perempuan menjadi isteri mereka? Sebagian besar mereka menjawab bahwa sikapnya (attitude). Apa yang dilihat dan dimiliki itu mudah diperoleh tetapi sikap memerlukan perubahan dari dalam diri sendiri.

Ini hasil rekaman pembicaraan dengan teman baikku di ujung telpon malam ini, “Cantik itu relatif, An. Banyak salon kecantikan untuk mengubahnya. Pintar dan mapan tidak menjamin juga. Tetapi sikap seseorang menentukan hidupnya.”

Leave a Reply

