Anda dan Masalah


Setiap orang selalu punya masalah. Masalah bisa jadi berkah atau sampah, tergantung bagaimana anda bersikap. Sebaiknya jika ada masalah, berikut yang perlu disimak:

1. Sumber masalah
Mereka yang menjadi sumber masalah, biasa disebut ‘trouble maker’. Apa pun yang dilakukan selalu bermasalah. Ada saja masalah dalam hidupnya setiap hari. Ia juga suka mengeluh punya masalah. Padahal jika anda simak cerita mereka, bisa jadi tidak ada masalah dengan dirinya. Mereka yang menjadi sumber masalah adalah orang yang suka sekali mengumbar masalah dirinya. Ia juga memperkarakan apa saja, termasuk hal kecil nan sepele. Banyak hal bisa dibuatnya menjadi kompleks, rumit dan bermasalah. Mereka sebagai sumber masalah biasanya tidak suka mengalah alias ingin menang sendiri.

2. Pengamat masalah
Mereka yang masuk dalam golongan ini lebih memilih untuk pasif dan mengamati saja. Mereka suka berkomentar di balik layar. Mereka tidak ingin larut dalam masalah, tetapi mereka suka cari tahu. Kebiasaan yang mereka lakukan adalah cari tahu apa yang sedang terjadi. Mereka suka bergosip. Saat dilakukan diskusi untuk memecahkan masalah, mereka diam dan tidak mau ambil pusing. Mereka ikut prihatin atas masalah yang terjadi. Mereka tampak baik-baik saja dan simpati tetapi sebenarnya mereka berusaha cari tahu apa yang sesungguhnya terjadi.

3. Pengatur masalah
Masalah yang sesungguhnya tidaklah rumit, tetapi berkat kehadiran pengatur masalah, masalah bisa menjadi lebih rumit. Mereka suka sekali menjadi pemimpin untuk memecahkan masalah tetapi berujung pada kerumitan penyelesaiannya. Niatnya semula membantu tetapi justru bantuannya berujung pada masalah baru. Mereka suka sekali mendominasi saat masalah muncul. Mereka menawarkan jasa untuk memecahkan masalah tetapi justru ia mengatur masalah sehingga semakin bermasalah.

4. Pemecah masalah
Mereka sebagai pemecah masalah selalu hadir sebagai Sang Bijak. Mereka bisa menerima kenyataan sebagai bagian dari masalah. Masalah itu harus dihadapi dan dicari solusi terbaiknya. Mereka yang termasuk dalam golongan ini adalah mereka yang punya kuping panjang untuk mendengarkan semua pihak. Mereka berusaha bersikap adil. Mereka adalah orang optimis dan mengambil hal yang positif dari setiap masalah. Mereka juga tidak suka mengumbar masalah. Mereka dinilai mampu memecahkan masalah dengan baik. Mereka sebagai pemecah masalah biasanya lebih bijak dan santun dalam menghadapi masalah.

Mana tipe anda?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s