Fenomena 11 November: Happy Single Day


Apa yang anda lakukan pada hari ini? Apa yang terjadi pada hari ini? Hari ini adalah 11 November, adakah yang spesial?

Di negara Tiongkok pada tanggal ini setiap tahun dirayakan hari lajang, sebagai kebalikan dari hari Valentin yang dirayakan 14 Februari.

Mengapa tanggal ini jadi hari lajang? Coba saja lihat tanggal pada hari ini, terdapat empat angka 1 yang disebut
“Guanggun Jie” yang dalam bahasa slang setempat disebut “lajang” atau bujang. Yups, tanggal 11 November dirayakan bagi mereka yang lajang untuk bersosialisasi sambil menikmati kesendiriannya. Prinsipnya, ‘I am single and very happy’ kayak judul lagu.

Lalu, memang hanya yang lajang saja merayakannya? Tidak juga. Banyaknya angka satu di tanggal ini menandakan dapat menyatakan cinta hanya kepada ‘satu’ orang di hari ini. Sebagai bukti cinta sejati karena hanya ‘satu-satunya’ yang dicintai di dunia.

Setiap perayaan selalu ada industri kaum kapitalis yang memanfaatkannya. Benar saja, di Tiongkok sendiri pada tanggal ini dijadikan kesempatan sebagai “shopping day”. Istilahnya, silahkan menikmati kesendirian dengan berbelanja sepuas hati. Mereka bisa memanfaatkan berbelanja online yang meraup keuntungan fantastis cuma pada hari ini.

Selain pemberian hadiah, industri yang marak dari hari lajang ini adalah restoran dan menu bagi si lajang untuk menikmati makanan istimewa.

Meningkatnya jumlah orang yang masih lajang dari tahun ke tahun, di tanggal ini juga dimanfaatkan banyak situs online biro jodoh.

Jadi fenomena masih ‘jomblo’ ternyata tidak hanya berlaku di Indonesia saja ya, bahkan sampai dirayakan secara meriah di Tiongkok sana.

Well, good to know ya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s