Hadiah Jam Tangan di Hari Ulang Tahun Pernikahan


image
(Sumber foto: Dokumen pribadi)

Benda yang paling awet yang saya miliki adalah jam tangan. Saya selalu gunakan jam tangan setiap hari untuk melihat waktu. Itu mengapa jam tangan pemberian ayah dan adik lelaki saya selalu awet. Anehnya meski benda ini selalu saya pakai, bahkan tidak nyaman bila tidak pakai, saya tidak pernah membeli jam tangan. Hingga suatu saat, jam tangan saya rusak karena jatuh berkali-kali. Masih bisa diperbaiki tetapi jam tangan itu sudah ngaco jalannya. Pas kebetulan, jam tangan suami saya bermasalah.

Yeay!!! Hadiah jam tangan berpasangan adalah hadiah perkawinan kami. Benda yang selalu dipakainya adalah jam tangan, maklum sebagai orang Jerman, disiplin waktu adalah budayanya.

Bagaimana sejarah perayaan ulang tahun perkawinan di dunia?

Berawal dari zaman kekaisaran Romawi, dipercaya adalah awal perayaan ulang tahun pernikahan. Saat itu ulang tahun pernikahan dirayakan saat usia perkawinan genap 25 tahun dan 50 tahun. Nah, semakin maju zaman memasuki abad dua puluh, perayaan ulang tahun pernikahan berubah menjadi setiap lima tahun sekali. Bahkan di beberapa belahan dunia ada yang mengartikan ulang tahun pernikahan dengan simbol-simbol seperti 5 tahun, 10 tahun, 25 tahun dengan perak, 50 tahun dengan emas, 60 tahun dengan berlian, dsb.

Seiring dengan bertumbuhnya dunia industri, perayaan ulang tahun pernikahan tidak menutup pada gap lima tahunan. Kapan pun bisa dirayakan. Berbagai tawaran hadiah juga mulai dijajakan bagi pasangan menikah tersebut.

Apa saja ide yang biasa dilakukan setiap pasangan untuk merayakan ulang tahun pernikahan?

Ada banyak cara merayakannya. Katakanlah teman kerja saya berkebangsaan Inggris yang merayakan ulang tahun pernikahan dengan makan malam romantis di restoran mexico.

Ada yang pergi berlibur, ada yang membuat video perjalanan pernikahan, kolase foto-foto pernikahan, menonton film bioskop, dsb.

Mengingat pentingnya nilai-nilai kehidupan dalam hidup berkeluarga, gereja katolik juga merayakan pesta ulang tahun pernikahan kolektif dengan ragam cara dan ritualnya. Intinya, hidup menikah tidak sekedar dirayakan di awal pernikahan tetapi setiap saat agar janji pernikahan setia dalam suka dan duka selalu diingat dan dijalani bersama.

Mengapa hadiah jam tangan?

Selain alasan kebutuhan seperti cerita saya di atas, hadiah jam tangan melambangkan ketulusan. Hadiah jam tangan akan terlihat elegan. Suami saat masih anak-anak mendapatkan hadiah jam tangan saat komuni pertama. Orangtua saya menghadiahkan jam tangan sebagai hadiah ulang tahun pernikahan mereka.

Pasangan lain menyebut hadiah jam tangan diberikan saat usia pernikahan antara 1 sampai 5 tahun.

Suami saya berkata, “Love is a sincerity. That is a reason to give you this for our wedding anniversary.”

Karena jam tangan adalah benda yang paling awet dipakai, semoga pernikahan pun demikian, awet dan tak lekang waktu.

Satu hal, ingatlah bahwa kita dapat membeli apa saja, tetapi tidak dengan waktu.

Bagaimana dengan anda?

Leave a Reply

