Mengapa Resolusi Tidak Terwujud?


image
Sumber foto: Dokumen pribadi

Tahun lalu resolusi saya dalam dunia tulis menulis blog adalah mencapai pengunjung 100 ribu. Sementara tahun sebelumnya, pengunjung dalam blog saya baru setengahnya. Apakah mungkin? itu pikir saya karena selama lebih dari lima tahun, pengunjung blog hanya 50 ribu lalu saya berharap setahun bisa mencapai 100 ribu. It seems possible until it done. Yups, bulan December 2015 blog saya mencapai 100 ribu pengunjung. BERHASIL!!!

Mengapa perlu resolusi?

Beberapa kali saya mesti berhadapan dengan teman baik yang frustrasi karena resolusi yang ditulisnya di awal tahun tidak bisa terwujud hingga akhir tahun. “Males gua bikin resolusi, paling juga gak terwujud,” kata teman baik saya. “Buat apa sih resolusi? Wong, pasti gak terwujud,” sahut teman yang lain.

Lalu ini jawab saya, “Karena resolusi membantu kita menemukan hidup bertujuan.” Tujuan itu menentukan apa yang akan dilakukan sepanjang tahun. Oleh karena itu, resolusi selalu membawa perubahan dan peningkatan yang lebih baik.

“Mengapa kita perlu resolusi?” tanya teman saya balik. “Karena hidup perlu perubahan” jawab saya. Resolusi akan menandai perubahan hidup seseorang.

Mengapa resolusi saya tidak terwujud?

Berikut hasil pengalaman pribadi dan beberapa orang yang saya wawancarai:

1. Resolusi tidak terwujud karena tidak objektif.
Bagaimana resolusi terwujud jika anda secara pribadi tidak yakin terwujud karena tidak objektif. Secara objektif, anda bisa merumuskannya karena anda mampu, mau dan punya sumber daya untuk melakukannya. Misal, saya tidak mungkin menulis resolusi mencapai pengunjung blog sejuta, karena ukuran lebih lima tahun saja hanya mencapai 50 ribu. Saya menulis resolusi pengunjung blog 100 ribu karena saya mampu menulis beberapa post dalam sebulan. Jika saya merasa mampu, itu menandai bahwa hal tersebut objektif.

2. Resolusi tidak terwujud karena terlalu banyak dan tidak fokus.
Saya pernah menyusun 10 hal yang jadi resolusi. Ternyata dari 10 hal, hanya 2 atau 3 yang terwujud. Saya evaluasi diri, saya terlalu banyak menuliskannya sehingga sulit mewujudkannya karena tidak fokus. Jadi pilih hal yang menjadi fokus anda di tahun ini!

3. Resolusi tidak terwujud karena anda tidak berkomitmen mewujudkannya.
Komitmen diperlukan agar membuktikan anda bersungguh-sungguh mewujudkannya. Komitmen menandai anda sudah memulai dan harus menyelesaikannya. Bagaimana saya bisa mencapai pengunjung 100ribu jika tidak berkomitmen memulai sebuah tulisan dan terus menulis. Komitmen bukan menjawab bagaimana anda seharusnya mewujudkan resolusi tetapi kapan anda segera mewujudkannya.

4. Resolusi tidak terwujud karena anda merasa “sok bisa” tanpa orang lain.
Berbagai studi menunjukkan bahwa segala hal yang dibantu orang lain akan terasa lebih ringan dan tertolong. Hey, kita makhluk sosial. Kita perlu orang lain mewujudkannya. Bagikan resolusi kepada orang lain agar membantu mengingatkan anda. Tahun lalu, saya sampaikan niat kepada suami mewujudkan pengunjung blog 100ribu. Alhasil suami bantu saya untuk mengingatkan agar menulis. Resolusi ingin bisa naik sepeda atau bicara bahasa asing, kita sampaikan kepada orang lain seperti sahabat, orangtua misalnya sehingga mereka membantu mengajari anda atau minimal tahu apa yang harus dilakukan untuk anda.

Perubahan di tahun ini tidak ditentukan dari resolusi yang anda buat tetapi resolusi menentukan perubahan hidup anda di tahun ini. Semangat mewujudkan resolusi bagi anda semua:)

Leave a Reply

