Mengapa Rumput Tetangga Selalu Lebih Hijau?


image
Sumber foto: Dokumen pribadi

Pagi itu aku mendapat tugas membersihkan kebun belakang yang lama tidak dibersihkan. Di situ terdapat aneka tanaman dan pepohonan yang sengaja ditanam sejak jaman nenek mertua. Lalu, saya melihat ada pohon apel yang ditanam di kebun belakang tetapi buahnya tidak terlalu baik dan tak ada yang suka karena rasanya yang masam. Suami bilang bahwa bibit apel di tetangga sebelah itu sama dengan kebun kami, tetapi mengapa rasa buah apelnya berbeda? Beberapa kali kami suka mendapati kiriman panen apel dari tetangga sebelah dan kami suka rasanya. Hingga akhirnya saya dan suami berdiskusi perihal ini, mengapa rumput tetangga selalu lebih hijau. Artinya, mengapa milik orang lain selalu lebih baik (sempurna) dari milik sendiri.

Panjang lebar sambil membersihkan kebun dan berdumel soal rasa apel yang masam, suami saya menjawab pertanyaan saya secara bijaksana. Bahwa kita selalu melihat rumput tetangga selalu lebih hijau daripada milik sendiri. Dengan jenis apel yang sama, mengapa apel milik tetangga lebih enak rasanya. Karena kecenderungan kita untuk melihat milik orang lain dari apa yang kita pikirkan. Padahal milik diri sendiri juga tidak lebih baik dari milik tetangga. Hanya karena kita membayangkan apel tersebut enak rasanya, lalu begitu mudah menyimpulkan bahwa apel milik tetangga jauh sempurna dari milik sendiri.

Jadi jika yang anda pikirkan tentang orang lain adalah hal yang sempurna dan lebih baik dari milik sendiri maka anda menjawab pertanyaan tersebut, rumput tetangga selalu lebih hijau.

Lalu bagaimana mengatasi agar rumput sendiri lebih hijau atau sama hijaunya seperti milik tetangga?

Caranya adalah BERSYUKUR! Bersyukur terhadap apa yang dimiliki dan tidak membandingkannya dengan orang lain.

Kembali ke soal rumput tetangga yang selalu lebih hijau kelihatannya, kita perlu memahami seberapa besar upaya kita agar bisa merawatnya. Saat ditanya, mengapa apel tetangga lebih enak dari milik sendiri ternyata ada banyak perawatan yang harus dilakukan, tidak sekedar menerima dan membiarkannya saja. Jadi jangan iri jika orang lain lebih hebat dari anda soal A, B atau C karena bisa jadi mereka bekerja giat untuk mendapatkannya. Ingat, setiap kerja keras akan selalu dihargai. Jika ingin rumput anda lebih hijau dari tetangga, maka hal kedua adalah kerja keras.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s