Anda Mirip dengan Pasangan? Anda Berjodoh


Banyak ditemukan foto-foto bersama pasangan berseliweran di media sosial. Ada banyak pula comment yang mucul, salah satunya, “Hai, kalian berdua mirip ya. Jodoh ya!” Lalu dalam kesempatan lain misalnya, “Tidak menyangka, kalian berdua 11 12. Jodoh!” Dan masih banyak comment lain muncul kala kita, anda atau saya tampil berdua dengan pasangan.

Apakah demikian? Awalnya saya percaya bahwa kita bisa jadi berjodoh jika kita mirip satu sama lain dengan pasangan hidup kita. Kemudian dalam pencarian ‘soulmate’, saya berusaha cari yang sama dengan saya, ternyata susah juga. Hingga akhirnya saya menemukan suami saya, saya sempat ragu, bagaimana berjodoh? Wong saya dari Timur, dia dari Barat. Mata saya hitam, mata dia biru abu-abu. Kulit saya berwarna, dia putih. Dan masih banyak lagi perbedaan fisik yang berbeda, tentu saya dan dia tidak mirip. Sementara beberapa kali tampil berdua, orang sekitar berkomentar, “Kalian mirip berdua!!!”

Dari penjelasan di atas, pepatah kemiripan tanda berjodoh bisa jadi ada benarnya juga. Menurut hasil kajian para Psikolog yang dirilis The New York Times tahun 1987 dikatakan bahwa pasangan yang menikah makin lama mulai terlihat sama. Dikatakan bahwa awalnya menikah memang tidak terlihat mirip lambat laun jadi mirip berdasarkan kajian foto pasangan yang menikah dan sudah memasuki perkawinan perak. Hal ini terlihat dari kontur wajah, kerutan-kerutan halus yang menunjukkan mereka cocok sebagai pasangan suami isteri dalam kurun waktu lama. Evaluasi foto juga menunjukkan bahwa semakin besar kemiripan wajah akan menunjukkan kebahagiaan perkawinan.

Paul Ekman, Psikolog dan ahli dalam membaca ekspresi wajah di San Francisco, berkata “Pengalaman hidup bersama sebagai suami-isteri selama bertahun-tahun akan mengubah otot wajah dan pola kerutan yang cenderung mengarah pada kemiripan secara umumnya.”

Nah, lama perkawinan juga tidak hanya menentukan kebahagiaan antar pasangan, tetapi physically anda bisa saja mirip dengan pasangan. Hidup bersama pasangan tentu akan mempengaruhi anda secara pribadi dan tampilannya. Tak heran jika ada pasangan suami-isteri dianggap seperti “11-12, alias sama saja.”

Bagaimana dengan anda?

One thought on “Anda Mirip dengan Pasangan? Anda Berjodoh

Leave a Reply

