Apa yang Dilakukan Bila Ketinggalan Pesawat?


wpid-2012-02-27-14.19.22.jpg
Sumber foto: Dokumen Pribadi

Saya menulis berdasarkan tiga pengalaman berikut ini tentang ketinggalan pesawat. Kisah pertama, salah seorang rekan kerja yang berangkat dari Makassar menuju Aceh. Ia ketinggalan pesawat saat di terminal transit, di Jakarta sehingga ia harus bermalam di Jakarta dengan sebagian besar barang di bagasi sudah menuju terminal tujuan. Ia menggunakan pesawat yang sama maskapainya dan langsung terhubung tanpa naik-turun bagasi.

Kisah kedua, seorang anak magang yang seharusnya berangkat bersama-sama dengan saya untuk menggelar press conference di Makassar. Semula saya berpikir dia paham bagaimana harus check-in dan tiba di ruang tunggu. Rupanya saya salah, anak magang ini belum pernah melakukannya hingga tersadar saat dia menelpon pesawat sudah mau berangkat. Akhirnya dia tidak bisa berangkat sesuai rencana yakni satu pesawat dengan saya.

Kisah ketiga adalah ayah saya sendiri. Usut punya usut rupayanya ayah saya dinyatakan datang terlambat meski sudah check in di awal.

Nah berdasarkan tiga pengalaman tersebut, apa saja yang sebaiknya dilakukan bila ketinggalan pesawat?

  1. Tidak Panik, tidak usah emosi dan marah-marah

Saya bisa merasakan apa yang anda alami saat ketinggalan pesawat. Tetaplah tenang dan tidak usah emosi karena saat anda bersikap emosional, justru tidak ada seorang pun yang respek dan bersedia membantu anda. Saat anda tenang, anda akan lebih mudah menemukan solusi dari permasalahan anda.

 

  1. Anda naik pesawat apa? Datanglah ke bagian customer service penerbangan tersebut

Di setiap tiket selalu tersedia informasi waktu yang harus dipatuhi. Jangan dianggap sepele jika anda naik pesawat, karena disiplin waktu itu perlu. Jika anda datang terlambat maka tidak ada toleransi bagi anda untuk mendapatkan dispensasi. Saat anda ketinggalan pesawat, pergilah ke bagian layanan konsumen di setiap penerbangan.

 

  1. Simpanlah tiket/bukti boarding pas jika anda sudah check in

Saat berada di layanan konsumen, mereka biasanya akan bertanya alasan keterlambatan anda. Hal yang bisa dilakukan kepada staf tersebut seperti membantu mencarikan jadwal pesawat yang sama ke tujuan anda atau membantu anda mengembalikan barang-barang yang sudah terlanjur dalam bagasi. Oleh karena itu tiket/bukti boarding pass penting untuk staf tersebut.

 

  1. Lihat jenis tiket anda!

Beberapa tiket dengan golongan tertentu bisa mendapatkan jadwal pengganti selama masih ada jadwal pada hari itu. Untuk kondisi ini, penumpang yang tertinggal mesti bersabar hingga menunggu seat yang kosong (seperti kasus kedua pada contoh di atas). Jika jadwal terbaru akan didapatkan pada hari berikutnya, tanyakan mengenai prosedur pengambilan barang yang sudah terlanjur di bagasi, apabila anda berada di terminal transit (seperti pada kasus pertama yang saya ceritakan di atas). Untuk kasus ayah saya, kami berpikir untuk membatalkan berangkat dan tidak ada penggantian jadwal pesawat.

 

  1. Prosedur mengurus kembali tas atau barang yang sudah terlanjur dalam bagasi

Jika anda masih berada di terminal keberangkatan seperti yang terjadi pada ayah saya, anda bisa menghubungi bagian layanan konsumen untuk mendapatkan informasi prosedur pengurusan kembali tas. Kapan sebaiknya anda bisa mendapatkan barang-barang anda kembali. Staf di sana biasanya berjanji akan menghubungi anda untuk mengabarkan barang anda tetapi sebaiknya anda sendiri yang datang untuk mengambil milik anda. Seperti kejadian pada ayah saya, meski sudah check in tetapi ayah saya tidak berada dalam pesawat maka petugas biasanya akan menurunkan kembali milik penumpang yang berada dalam pesawat.

Hal yang sebaiknya dilakukan agar tidak tertinggal pesawat:

  • Untuk musim liburan (high peak season) wilayah domestik/dalam negeri sebaiknya sudah berada di bandara 1,5-2 jam dari jadwal keberangkatan pesawat. Anda tidak pernah menduga kemacetan atau padatnya orang berlibur sehingga memakan waktu untuk check in, misalnya.
  • Jika anda berpergian keluar negeri, sebaiknya anda sudah berada di bandara 3-4 jam sebelum keberangkatan. Karena memerlukan waktu untuk mengurus pengecekan dokumen keimigrasian, sehingga anda perlu datang lebih awal.
  • Saat ini sudah tersedia fasilitas check in lewat situs web penerbangan tersebut. Dengan web check in tentu akan mengurangi risiko terlambat dari jadwal check in yang tertera dalam tiket.
  • Meski sudah mendapatkan boarding pass, anda tetap perlu berjaga dan bersiap terutama jika memakan waktu tempuh menuju ruang tunggu. Jangan anggap remeh! Sebaiknya ingatkan diri sendiri saat diumumkan waktu keberangkatan.

 

Semoga bermanfaat🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s