Ingin Cerdas? Bergaullah dengan Orang yang Cerdas pula


Jika selama ini kita berpikir bahwa kecerdasan seseorang hanya ditentukan oleh faktor genetik saja, ternyata tidak demikian. Kecerdasan seseorang itu tidak permanen. Sebagai makhluk sosial, kecerdasan bisa dipengaruhi oleh berbagai hal seiring perjalanan hidup seseorang. Artinya, kecerdasan seseorang tidak statis. Faktor pendukung lainnya seperti gizi, pendidikan hingga lingkungan juga turut menentukan kecerdasan seseorang.

Baru-baru ini dirilis sebuah studi oleh James Flynn, seorang professor dari University of Otago di Selandia Baru. Dia berpendapat bahwa seseorang dapat meningkatkan kecerdasannya melalui pengalaman hidup mereka bersama orang sekitar seperti keluarga dan teman-teman. Selain itu, ia menyarankan cara terbaik untuk meningkatkan tingkat IQ adalah bersosialisasi dengan teman-teman yang memberikan pencerahan, termasuk dalam situasi pekerjaan yang menuntut tantangan intelektual. Bahkan anda juga bisa menikahi seorang yang cerdas pula bilamana anda ingin terpengaruh cerdas.

Study ini menunjukkan bahwa stimulasi intelektual orang lain dapat mempengaruhi tingkat kecerdasan anda.

Menurut saya, berikut ciri-ciri teman yang cerdas, antara lain:

  • Cara mereka berpendapat

Tentu anda dengan mudah dapat mengetahui teman yang cerdas saat mereka berpendapat tentang sesuatu hal yang mencerahkan anda. Misalnya dalam rapat kantor yang sedang mencari solusi. Teman yang cerdas tidak melulu harus mengeluarkan pendapat yang salah berulang kali tetapi mereka bisa saja diam, merenung lalu berpendapat yang bijaksana. Teman yang cerdas selalu dimintai pendapat tentang berbagai hal dalam pekerjaan dan kehidupan. Teman yang cerdas selalu ditunggu tentang argumen, alasan dan solusi yang keluar dari buah pemikiran mereka. Nah, kira-kira apa anda sudah menebak mana teman yang cerdas menurut anda?

  • Cara mereka menyelesaikan masalah

Teman yang cerdas tahu bagaimana menyelesaikan masalah bukan mengomel atau mengeluhkan jika ada masalah. Mereka selalu berpikir bagaimana menerima masalah dan mengatasi masalah, bukan mencari kesalahan penyebab masalah. Teman yang cerdas selalu dimintai pertolongan di saat menemukan jalan buntu dari persoalan. Sebagian besar mereka yang cerdas tahu bagaimana menyelesaikan masalah, bukan menambahi masalah.

  • Cara mereka menjadi pendengar/pengamat masalah yang baik

Mereka yang cerdas akan cenderung mendengarkan bilamana ada masalah yang perlu didengarkan. Mereka menyediakan telinga untuk mendengarkan keluhan, meski di saat mereka sibuk. Mereka juga mengamati masalah yang sedang muncul dan mencoba memberikan saran untuk mengatasinya. Mereka tahu bagaimana bersikap sebagai pendengar dan pengamat masalah, bahkan saran yang diberikan selalu terlihat gemilang dan bijaksana.

  • Cara mereka melontarkan lelucon/hal-hal lucu

Apakah mereka yang cerdas tidak humoris? Tentu tidak. Mereka yang cerdas biasanya memiliki selera humor yang menarik dan kreatif, tanpa menjatuhkan orang lain. Cara mereka melontarkan lelucon selalu menarik perhatian orang sekitar.

Saran dari saya, bergaullah dengan siapa saja. Namun jika anda ingin menambah wawasan maka perluas pergaulan anda dengan orang-orang yang cerdas.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s