Inilah Alasan Mengapa Orang Asia Suka Ini


Rindu tanah air pasti pernah dirasakan bagi anda yang merantau dan tinggal di negeri seberang. Apa yang paling dirindukan jika anda berada jauh dari kampung halaman? Yups, selain orangtua dan keluarga yang dicintai dan ditinggalkan, anda pasti kangen dengan aneka masakan khas negeri sendiri.

Hal ini tidak hanya dialami oleh saya dan suami bila berada jauh dari kampung halaman tetapi juga beberapa teman yang tinggal jauh dari tanah air. Beberapa kali saya sempat dimintai tolong membawakan mie instan bungkus aneka rasa masakan Indonesia. Mengapa? Jika rindu masakan tanah air, cukup merebus mie instan, sudah cukup mengobati rasa kangen makanan kampung sendiri. Contohnya waktu saya ke Korea Selatan, teman saya meminta pihak keluarga menitipkan 1 dus aneka rasa mie instan, oalah. Meski repot bawanya tetapi saya bisa berempati apa yang dirasakannya jika kangen masakan Indonesia.

Saya pun demikian, meski jarang mengkonsumsinya tetapi mie instan dirasa paling mudah dibuatnya. Suatu kali kami berkunjung ke restoran Thailand, suami langsung suka dengan tom yam. Nah, jika lagi malas memasak yang ribet, saya berpikir untuk sediakan stok mie instan rasa tom yam di rumah.

image
Orang Jerman sedang menikmati mie instan. Sumber foto: Dokumen pribadi

Anda tahu? Suami saya belum pernah makan mie instan sebelumnya sementara saya dulunya sebagai anak kos, tentu sering memasaknya. Akhirnya, suatu kali saya coba memasak mie instan rasa tom yam untuk pertama kalinya versi suami. Saya biarkan dia menikmati mie instan ala orang Asia. Sambil berkeringat kepanasan dan sedikit rasa pedas, dia berkomentar, “Inilah alasan mengapa orang Asia suka mie instan.”

Rupanya suami saya ini sering melihat orang Asia membeli mie instan di toko sembako di München, namun ia tidak pernah mencoba makannya. Ia takjub dengan rasa mie instan yang saya buatkan, sepertinya ia jadi jatuh cinta dengan mie instan.

Pengalaman saya di beberapa negara Asia, mie instan cocok karena rasanya yang umami, hmmm… Pantas saja banyak orang Asia membeli mie instan untuk stok makanan yang praktis atau sebagai pengobat kangen masakan kampung halaman.

Leave a Reply

