Pentingnya Wawancara Saat Lamaran Kerja


Teman saya baru saja berbahagia karena mendapatkan peluang kerja lewat panggilan wawancara pertama kalinya. “Akhirnya saya berhasil diterima bekerja di tempat yang saya inginkan. Yippi!!! Nah, kira-kira apa pentingnya wawancara kerja di awal ya?” tanya teman saya itu.

Nah, apa sih pentingnya wawancara kerja di awal saat seleksi dan rekrutmen?

Bagi karyawan, wawancara dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran mengenai pekerjaan yang dilamar, apakah sesuai atau tidak? Hal ini bisa diketahui dari informasi awal pihak perusahaan saat wawancara. Selain itu, anda sebagai calon karyawan bisa mendapatkan informasi profil perusahaan tersebut seperti latar belakang perusahaan, visi misi, bidang kerja dsb.

Hal yang perlu diperhatikan, tentunya anda perlu “menjual” apa yang dibutuhkan perusahaan. Selalu manfaatkan kesempatan wawancara di awal untuk memperkenalkan keahlian dan minat anda yang berkontribusi dengan perusahaan. Jika anda berhasil di wawancara pendahuluan maka anda akan masuk pada tahap selanjutnya.

Lalu bagi perusahaan yang memanggil anda wawancara tentunya kesempatan ini dimanfaatkan untuk mengidentifikasikan apakah anda layak menempati posisi yang ditawarkannya? Bagaimana pengalaman profesionalisme kerja yang anda punya sebagai karyawan dengan posisi lowong yang dilamar?

Selain itu, perusahaan ingin mengetahui bagaimana antusiasme karyawan tentang posisi tersebut setelah mengetahui profil perusahaan. Apakah karyawan bersemangat dengan posisi lowong itu?

Demikian sekelumit wawancara pendahuluan di awal rekrutmen dan seleksi, ada pendapat?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s