Ingin Ubah Hidup? Ubahlah Pikiran Anda Dulu


Sehebat-hebatnya manusia, sampai kini belum ada yang berhasil membuat otak seperti yang diciptakan Tuhan. Otak manusia bekerja atas jutaan syaraf yang mampu menjadi pengendali dalam diri manusia. Belum ada yang menandingi kehebatan Tuhan untuk membuat otak manusia dengan cara kerjanya yang unik. 
Pikiran adalah refleksi atas pengalaman dalam hidup manusia. Jadi otak akan menyimpan memori hidup manusia, baik yang negatif maupun positif. Itu sebabnya kita diminta selalu berpikir positif sehingga membawa hidup kita lebih positif. 

Baru-baru ini saya baca buku, “Discovering your spiritual path” yakni menemukan jalan hidup spiritual. Pertama-tama dalam membangun kehidupan spiritual, seseorang harus berani berubah. Perubahan itu berawal dari mengubah pola pikir. Ubah hidupmu, ubah dulu pikiranmu! Jika anda dapat mengubah pikiran maka akan mudah mengubah hidup anda. 

Kita adalah tuan atas hidup kita yang semuanya dikendalikan dari pikiran-pikiran. Kedua, mengubah diri sendiri tidak ditentukan oleh lingkungan atau orang di sekitar. Teman saya mengeluh bahwa dia tidak dapat mengubah pasangan hidupnya. Saya cuma mengingatkan bahwa orang lain akan berubah bila kita berubah dulu pertama kali. Jangan menuntut orang lain berubah!!! Anda punya power yang lebih besar untuk mengubah diri sendiri dibandingkan mengubah orang lain. Power itu berasal dari pemikiran atau otak.

Bagaimana kita menggosok gigi? Orang yang pertama kali mengajarkan saya untuk sikat gigi adalah ayah saya. Saya jadi tahu bagaimana menggosok gigi, rasanya sudah terekam dalam otak saya bagaimana menyikat gigi. Saya coba suatu kali gosok gigi dengan mata tertutup, ternyata bisa. Mengapa? otak sudah merekam cara kerjanya atau pengalaman masa lalu bagaimana saya menggosok gigi setiap hari sejak pertama. Bahkan saya dapat lakukan dengan mata tertutup, saya tetap bisa gosok gigi. Otak tidak hanya menyimpan saja tetapi telah membuat polanya. Jadi pola hidup kita yang begitu-begitu saja setiap hari sudah terekam dalam otak.

Ketiga, buat pola baru yakni mengubah kebiasaan anda. Jika selama ini setiap dikasih tugas oleh atasan selalu menolak dan berkata, “Maaf, saya tidak bisa maka sekarang polanya dibalik lebih positif. Buat pola baru yang akan jadi kebiasaan yakni, “Saya pasti bisa”. 

Sebegitu hebatnya otak kita untuk membuat perubahan, maka kita perlu memahami bahwa mengubah hidup tak semudah membalikkan telapak tangan. Karena mengubah hidup melibatkan “master” yaitu otak kita. Artinya, perlu waktu dan proses. 

Leave a Reply

