Pertimbangkan 5 Hal Sebelum Menyiapkan Pesta Nikah: Ini Tentang Anggaran


cropped-wpid-img-20140530-wa0020-1.jpg
Sumber foto: Dokumen pribadi

Mengacu pada pengalaman seorang teman yang baru saja menyelesaikan biaya pesta menikah dengan mencicil kewajiban hutang setiap bulan selama 7 tahun, saya berharap anda tidak terbebani hanya karena besaran biaya pesta nikah. Kisah teman saya yang mencicil hutang selama 7 tahun belum selesai, mirisnya saya masih mengenal dia 2 tahun sebelumnya yang juga ribut mengurus perceraian. Jadi hutang biaya nikah belum selesai pada tahun kelima pernikahan, dia sudah bercerai.

Berdasarkan hal tersebut, saya berharap bagi anda yang sedang menyiapkan pesta pernikahan tidak terbebani dengan anggaran yang tidak dimiliki dan diadakan hanya gegara gaya hidup atau status sosial. Saya sempat menulis pula hasil riset biaya pesta nikah mewah disini sebagai acuan bahwa jangan pernah terbebani hanya karena biaya untuk pesta nikah.

Pertimbangkan 5 hal ini untuk menyiapkan anggaran resepsi pernikahan:

1. Berapa total uang yang dimiliki buat resepsi?

Jangan tunda kebahagiaan anda hanya karena biaya pesta! Lanjutkan apa yang anda punya untuk mengadakan pesta nikah! Kebanyakan orang memulai pesta nikah dengan menyusun konsep atau tema, nah jika itu yang terjadi, kebutuhan pesta tidak akan pernah tercukupi. Mengacu pada besaran uang yang dimiliki memudahkan anda menentukan rincian konsep hingga pelaksanaan pada hari H.

2. Jangan habiskan total uang untuk pesta! Sisakan 30% 

Berapa uang yang dimiliki? Katakanlah 100juta maka jangan habiskan seluruhnya hanya untuk resepsi! Sediakan 30% dari total uang yang dimiliki untuk keperluan biaya tidak terduga yang biasa muncul pada hari pelaksanaan. Keperluan 30% biasanya muncul saat ada kebutuhan di luar rencana semisal konsumsi pesta, acara dan lain-lain.

3. Jangan berpikir pesta nikah akan bawa keuntungan!

Ada sebagian orang yang beranggapan, berkorban sebanyak-banyaknya untuk pesta, mendapatkan keuntungan setinggi-tingginya usai pesta nikah. Kenyataannya tidak demikian. Kita tidak dapat mengontrol seberapa banyak tamu yang datang dan berapa banyak uang yang diberikan. Jika kita sudah adakan pesta, sebaiknya pikirkan pula kepuasan tamu yang datang dan sudah merestui pernikahan ini, bukan keuntungan atau hadiah yang diberikan.

4. Seberapa besar anggaran untuk masa depan ketimbang biaya pesta nikah?

Pesta boleh namun apakah anda sudah punya rencana dan anggaran usai menikah sebagai bekal berumah tangga? Jangan biarkan anda terlena merencanakan dan mengadakan pesta, namun melupakan apa yang akan menjadi rencana masa depan anda berdua. Ada banyak kebutuhan yang menanti anda usai pesta pernikahan. Sediakan anggaran untuk masa depan seperti cicilan rumah misalnya atau biaya hidup untuk berdua di kemudian hari.

5. Diskusi dan bagikan rencana anda pada keluarga besar

Seberapa sering pertengkaran dalam keluarga terjadi hanya karena besaran biaya pesta nikah yang sudah usai. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya anda menceritakan rencana dan besaran anggaran yang sudah anda miliki kepada keluarga besar. Transparan atau anggaran yang terbuka akan lebih baik, ketimbang mereka hanya menebak rencana pesta anda. Siapa tahu mereka malah bisa membantu anda atau mendukung pelaksanaan pesta nikah?

Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s