Cara Atasi Perasaan Tidak Puas


Sumber foto: Dokumen pribadi

Apakah kepuasan itu? Pada dasarnya manusia memang tak pernah puas seperti artikel yang pernah saya tulis sebelumnya. Ada banyak faktor penyebabnya. Nah, kini kita akan membahas cara mengatasi perasaan tidak puas yang kerap muncul pada kita. Ini dia

1. Syukuri apa yang dimiliki

Seorang teman mengaku bahwa ia selingkuh dari pasangannya. Dikarenakan perasaan tidak puas pada pasangan hidupnya. Mengapa anda harus merasa tidak puas dalam perkawinan sedangkan anda sendiri sudah memilih menikahinya? 

Ingat pula bahwa anda yang sudah menikah perlu bersyukur dibandingkan mereka yang ingin menikah tetapi belum menemukan pasangan yang cocok. Atau anda harus bersyukur atas pasangan anda dibandingkan mereka yang kehilangan pasangan hidup suami/isteri karena bercerai atau meninggal. Syukuri apa yang anda miliki!

Ketidakpuasan timbul di sini karena keinginan sempurna yang tidak anda dapatkan pada diri pasangan hidup anda. Tidak ada yang sempurna di dunia ini, cintai apa yang dimiliki secara sempurna untuk atasi ketidakpuasan anda.

2. Manfaatkan apa yang sudah dipunyai

Seorang teman lain suka sekali membeli barang lebih dari satu, alasannya mumpung lagi diskon. Dia tidak merasa puas jika tidak membeli barang lebih dari satu saat diskon toko atau pulang dengan tangan hampa saat shopping

Beberapa barang yang kita beli ternyata sesampai di rumah, tidak dimanfaatkan secara optimal. Lalu mengapa kita terlanjur membelinya? Karena kita merasa puas berhasil membeli barang yang bergengsi. 

Kadang barang dibeli karena gengsi, diskon toko atau pemuas selera sesaat. Itu adalah awal ketidakpuasan. Bisa dibilang tidak semua barang yang dibeli, benar-benar dibutuhkan.

Jika kita bisa berpikir untuk memanfaatkan yang ada, tentu kita tidak perlu lagi merasa tidak puas. Buat apa beli kesenangan yang belum tentu dibutuhkan? Maksimalkan kegunaan setiap barang untuk menghindari rasa tidak puas. Periksa lagi barang-barang apa yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Mulailah memanfaatkan apa yang sudah dipunyai untuk atasi ketidakpuasan anda!

3. Optimalkan kekurangan jadi kelebihan

Ada teman lain yang juga jujur bercerita memiliki kelebihan berat badan dan merasa kurang cantik. Dia merasa tidak puas dengan fisik dirinya. Apakah anda bisa mengubah diri anda secara instan untuk memuaskan keinginan anda? Tentu tidak, pertama-tama untuk menjadi kurus perlu diet dan program tertentu. Lalu untuk cantik, anda perlu operasi plastik atau melakukan perawatan. Nah, ini semua perlu WAKTU, uang, dsbg. 

Apakah jika sesudah jadi kurus dan operasi plastik, anda sudah merasa puas? TIDAK! Karena pola pikir anda. Ubah pola pikir anda! Optimalkan kekurangan jadi kelebihan. Jika gendut menurut dia adalah kekurangan maka sehat, tidak sakit-sakitan dan kuat adalah kelebihannya. Jika kurang cantik menurut dia adalah kekurangan maka memiliki banyak teman, populer dan disukai adalah kelebihannya.

Sejatinya tidak ada yang merasa puas dengan diri sendiri. Namun pola pikir membantu orang untuk menerima apa adanya, kelebihan dan kekurangan. Jangan turuti keinginan untuk menutupi kekurangan, tetapi optimalkan kekurangan jadi kelebihan anda! 

4. Jangan rakus/tamak!

Seseorang baru saja membeli makanan 5 porsi untuk dirinya sendiri yang sedang kelaparan. Ia tidak puas jika membeli satu porsi saja. Ia bermaksud membeli sebanyak-banyaknya makanan agar merasa kenyang. Rupanya baru makan 1 porsi saja, dia sadar sudah kenyang. 4 Porsi lain mubajir dan tidak dimakan.

Kita berpikir kepuasan terjadi bilamana kita mampu membeli atau memiliki dalam jumlah banyak. Padahal tidak begitu kenyataannya. Jangan berpikir anda punya uang atau kuasa maka anda dapat memuaskan rasa lapar anda atau selera keinginan! Jangan rakus/tamak! Percayalah Tuhan memberi sesuai dengan apa yang dibutuhkan!

Semoga empat cara di atas mampu membuat anda mengatasi rasa tidak puas yang kerap muncul dalam hidup. 

One thought on “Cara Atasi Perasaan Tidak Puas

  1. Howdy very nice web site!! Guy .. Excellent .. Superb .. I’ll bookmark your web site and take the feeds additionallyI am glad to search out so many helpful info here in the put up, we want develop more techniques in this regard, thanks for sharing. deebdcbdddagddcf

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s