Apakah Ada Ilmu Khusus Jadi Orangtua?


Sumber foto: Dokumen pribadi.

Sewaktu memasuki semester awal saat belajar di fakultas psikologi. Dosen bertanya kepada seluruh mahasiswa yang hadir, termasuk saya saat itu. Apa motivasi belajar di fakultas psikologi? Ternyata ada sebagian mahasiswa yang memilih jurusan psikologi karena ingin tahu bagaimana cara mendidik anak yang baik kelak jika sudah menikah. Dikira anak itu eksperimen? Jawab mahasiswa yang bersangkutan bahwa ilmu psikologi dipandang tepat bagi pertumbuhan dan perkembangan seorang anak menjadi dewasa agar salah asuh. Oh itu alasannya!

Anda sendiri bagaimana?

Sebagian besar teman saya sudah mempersiapkan dari awal saat diketahui bahwa mereka akan menjadi bakal orangtua. 

(1). Persiapan pendidikan ditunjukkan dengan aneka bahan bacaan yang dilalapnya saban hari agar mereka benar-benar matang saat bayi lahir. 

(2). Lalu mereka juga sering mendengarkan nasihat kanan kiri tentang bagaimana mengasuh anak, dari nasihat orangtua hingga teman sebaya yang sudah lebih dulu jadi orangtua. 

(3). Mereka juga suka mendengarkan atau menyimak program parenting secara visual di televisi atau internet.

Apa sih yang menjadi kekhawatiran sehingga perlu bekal menjadi orangtua yang baik?

Orangtua adalah sumber utama dan pertama dalam kehidupan seorang anak. Tentu alangkah baiknya agar segalanya sudah disiapkan sejak dini sehingga kelak tidak dianggap salah asuh. Jadi mereka khawatir di awal saat akan memulainya. Itu wajar. 

Sesungguhnya tidak ada ilmu khusus menjadi orangtua dalam universitas kehidupan. Ketrampilan menjadi orangtua juga tidak ditentukan oleh bakat dan minat. Namun memulai untuk menjadi orangtua yang terbaik itu yang penting. Kebanyakan dari kita ingin lebih baik dari masa kecil kita dulu. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s