Mengapa Para Pria Suka Tontonan Olahraga?


Kebanyakan penonton sepak bola didominasi pria di stadion Alianz Arena. Sumber foto: Dokpri.

Baik laki-laki maupun perempuan memang suka dengan olahraga, apalagi kini olahraga dipandang perlu karena menyehatkan. Namun bayangkan dengan tontonan olahraga, saya bukan pencintanya kecuali sepakbola dengan kondisi-kondisi tertentu misalnya Bundesliga. Suami saya mendominasi tayangan televisi di rumah dengan saluran olahraga. Nah, saat memilih tayangan bioskop pun dia berpikir ulang jika film itu hanya seputar drama. 

Ada yang tahu mengapa para pria suka tayangan olahraga? Ini analisa saya di bawah ini:

  • Pria suka dengan dunia kompetisi sejak dulu kala

Ingat film Samson vs Delilah dimana untuk memenangkan hati Delilah, Samson harus melawan singa yang kuat? Dari dulu pria bertaruh kekuatan seperti adu panco untuk memenangkan kompetisi. Para pendekar melakukan kompetisi adu pedang. Semuanya mau menunjukkan bahwa kompetisi yang sehat adalah melalui perjuangan. Dari masa ke masa, kini adu kompetisi digantikan dengan tontonan olahraga. Coba jika tim yang dijagokan si dia menang, tentu bahagianya minta ampun! Bandingkan bila nonton film drama lalu kisahnya happy ending! Sensasinya beda ya.

  • Olaharaga identik dengan perjuangan yang adil

Sport is always identified with fairness. Bagaimana olahraga bisa curang? Ada hakim, ada juri, ada wasit, ada aturan mainnya bahkan ada penonton yang menyaksikannya. Untuk menentukan keadilan, adu kompetisi dalam olahraga dilakukan. Menurut para pria, menonton olahraga itu bisa mengetahui hal yang adil, bahwa ini layak menang atau itu harus kalah. Sementara tayangan drama kebanyakan tidak diketahui ujung pangkalnya, tiba-tiba segala sesuatu bisa terjadi. Seperti tidak adil, kata para pria.

  • No Drama please!

Pria paling tidak suka dengan hal-hal yang dramatis dalam olahraga. Buat mereka, olahraga adalah petualangan keseruan. Semangat menonton olahraga tidak bisa disamakan dengan tayangan film yang sudah dapat diketahui bahwa pemeran utama pastinya akan selalu ada sampai akhir film. 

  • Kemenangan olahraga dikategorikan kesuksesan hidup

Banyak nilai-nilai kehidupan yang bisa dipetik para pria dari tayangan olahraga seperti keuletan, tekun, pantang menyerah dsb. Nilai-nilai ini yang menentukan kesuksesan hidup. Bagaimana hidup bisa sukses jika kita tidak memahami nilai-nilai kehidupan dari kompetisi olahraga? Nilai kehidupan ini menarik ketimbang nonton drama hanya dari satu sudut pandang saja.

  • Menang vs Kalah

Jelaslah bahwa akhir pertandingan itu menang atau kalah! Para pria suka itu. Ada aturan yang jelas dalam merumuskan kemenangan atau kekalahan. Objektif! Tidak sekedar kesukaan atau kesamaan yang jadi alasan mengapa seorang pria menyukai tim favorit sepakbolanya. Pasti ada dasar keunggulan yang mumpuni. Mereka atau tim itu jadi favorit bisa jadi karena pernah memenangkan kompetisi.

So para pria, apakah demikian?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s