10 Singkatan di Jerman yang Populer


Salah satu sudut kota di Jerman. Sumber foto: Dokumen pribadi

Ternyata tidak hanya Indonesia saja yang suka membuat singkatan-singkatan agar mudah diingat, bahkan saya sampai lieur dan keblinger banyaknya. Kebayangkan saya harus mengingatnya dengan betul agar tidak kebalik-balik. Nah begitu pun di Jerman.

Pertama kali singkatan (Abkürzungen) yang mendunia saat saya tiba di Jerman adalah BMW. Saya mengagumi mobil merek buatan Jerman tersebut sejak kecil tetapi saya tidak tahu apa kepanjangan BMW sampai saya menemukannya sendiri di museum BMW. BMW merupakan singkatan dari Bayerische Motoren Werke.

Lanjut dikutip dari http://www.thelocal.de berikut adalah 10 singkatan tersebut:

1. VoKuHiLa

Ini istilah gaya potongan rambut yang merupakan kepanjangan dari “Vorne kurz hinten lang” yakni pendek di depan dan panjang di belakang. Tren ini menurut suami muncul setelah runtuhnya tembok Berlin yang berawal dari Jerman Timur.

2. Gestapo & Stasi

Jika sering menonton film Hitler, istilah ini pasti ditemui bahkan hingga sekarang. Gestapo “Geheime Staatpolizei” yakni satuan polisi rahasia waktu NAZI dan Stasi “Ministerium for Staatssicherheit” hampir sama dengan Gestapo hanya di Jerman Timur.

3. Adidas dan Haribo

Jika suka belanja pasti kenal dua merek besar tersebut. Adidas adalah singkatan dari pemiliknya “Adolf Dassler”. Sekarang paham kan? Untuk Haribo adalah merek permen yang juga mudah ditemui di Indonesia. Haribo merupakan singkatan dari “Hans Regel aus Bonn” yang diterjemahkan nama pemiliknya dari Kota Bonn. 

4. GroKo

Istilah ini sering diperdengarkan saat pemilu lalu yang berasal dari singkatan “Große Koalition” yang diterjemahkan partai koalisi besar yang terdiri atas gabungan beberapa partai.

5. Sofi

Ini bukan nama seorang perempuan tetapi menyebut istilah gerhana matahari. Sofi berasal dari kata “Sonnenfinsternis”. Setelah peristiwa yang baru-baru ini, kemungkinan gerhana matahari terjadi lagi 2026.

6. Kita

Istilah ini muncul seiring dibutuhkannya tempat pengasuhan anak. Kita merupakan singkatan “Kindertagestätte” semacam children day centre.

7. Kripo

Bukan kepo ya! Kripo merupakan singkatan dari “Kriminalpolizei” yang dimaksudkan salah satu divisi kepolisian Jerman yang bertugas untuk investigasi.

8. Schiri

Bagi pecinta bola, istilah slang ini biasa disebutkan. Schri berasal dari kata “Schiedsrichter” yaitu wasit.

 9. Azubi

Istilah di dunia kerja yang biasa untuk menjuluki anak magang. Azubi berasal dari singkatan “Auszubildender” alias the apprentice.

10. Mufuti

Orang Jerman dikenal di dunia sebagai orang yang praktis. Istilah mufuti merupakan singkatan dari “Multifunktionstisch”. Itu sebabnya Jerman banyak dikenal dengan inovasi penemuannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s