11 Oktober: Gerakan Raih Mimpi Bagi Remaja Perempuan (The Day of Girls)


Ada hari Ibu, Hari Ayah, Hari Anak dan kini yang belum populer dikenal adalah hari internasional para remaja perempuan (gadis). Memang belum populer karena baru dicanangkan sejak tahun 2012. Hal ini dilakukan setelah PBB mendeklarasikan 11 Oktober sebagai “International Day of the Girl Child” pada tahun 2011 sebagai keberhasilan advokasi terhadap remaja, terutama remaja perempuan. Mengapa remaja perempuan?

Berawal dari keprihatinan terhadap berbagai permasalahan remaja perempuan di seluruh dunia, seperti rendahnya keseteraan jender. Di beberapa negara misalnya masih ada budaya yang tidak memberikan akses kesempatan pendidikan yang lebih baik bagi remaja perempuan. Itu artinya akses yang minim untuk pendidikan. 

Belum lagi masalah kemiskinan yang menjerat sehingga remaja perempuan dijadikan solusi penyelesaiannya. Remaja perempuan dipaksa menikah dini, remaja perempuan terjerat prostitusi atau remaja perempuan yang menjadi korban perdagangan manusia.Ini menjadi masalah bersama yang harus diperhatikan seluruh pihak.

Latar belakang ini menjadi alasan bahwa remaja perempuan perlu mendapatkan akses dan kesempatan yang sama dalam berbagai bidang sehingga dirayakan “The Day of Girls” secara internasional. Bahwa hari ini bukan sekedar perayaan semata namun gerakan “the movement” agar para remaja perempuan dapat meraih mimpi yang lebih baik.

Kita tidak pernah tahu bahwa sepuluh, dua puluh atau tiga puluh tahun kemudian para remaja perempuan sekarang ini bisa jadi pemimpin dunia yang membawa perubahan yang lebih baik. Setiap orang punya mimpi, termasuk mereka para remaja perempuan yang terbelenggu kemiskinan, kelaparan dan minimnya akses pendidikan di belahan bumi yang lain. Semoga hari ini menjadi gerakan yang mendorong mereka mampu wujudkan mimpi mereka juga!

Hai Remaja Perempuan, selamat merayakannya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s