10 Alasan Kemungkinan Saya Tidak Lagi Berjerawat


Dulu rasanya sulit sekali wajah tanpa jerawat bagi saya. Jerawat-jerawat itu senang pada saya bisa jadi karena masalah pubertas, stress atau cara merawat wajah yang salah dan lain sebagainya. Memiliki wajah berjerawat begitu menyebalkan karena mengganggu penampilan. Tidak hanya itu, berwajah jerawat membuat percaya diri jadi menurun.

Berdasarkan pengalaman tersebut, saya ingin berbagi 10 alasan kemungkinan saya sudah tidak lagi berjerawat

1. Menikah

Ada yang bilang jerawat akan hilang dengan sendirinya saat seseorang menikah. Ternyata betul juga sih. Saya sempat pergi ke dokter kulit beberapa kali buat pengobatan.Tentunya ini tidak murah. Menjelang pernikahan, jerawat saya juga masih bermunculan dan kata orang lagi-lagi itu wajar karena belum menikah. Entah itu mitos atau tidak, faktanya wajah saya bersih dari jerawat setelah menikah. Apa ada kaitannya? Coba saja diteliti!

2. Sudah melewati masa pubertas

Masa pubertas yang dilewati saat remaja menandakan berbagai perubahan dan perkembangan biologis dan tentunya hormonnya. Di usia saya yang memasuki usia perkembangan dewasa madya, yang berarti masa pubertas sudah dilewati dengan baik. Jadi bagi yang masih berada di masa pubertas, berjerawat itu normal kok. Suatu saat pada masanya, wajah anda akan bebas jerawat.

3. Hidup teratur

Setelah direfleksikan lagi saat dulu masih berjerawat, ternyata hidup saya tidak teratur. Misalnya makan tidak teratur, tidur tidak teratur, segalanya jadi berantakan. Malah saya suka bergadang karena mengerjakan tugas sekolah atau tugas kuliah. Jangan salahkan bila jerawat muncul karena ketidakteraturan hidup anda! Kini saya punya waktu makan dan tidur yang teratur, bahkan tidur yang cukup.Jika tidur cukup maka dijamin wajah juga sehat.

4. Sudah paham cara merawat wajah sendiri 

Masa remaja adalah awal saya berjerawat. Awalnya dibiarkan saat satu, dua jerawat muncul, namun makin lama sibuk memakai berbagai obat agar jerawat hilang. Saya memang belum paham dengan wajah sendiri karena terpengaruh teman, pengaruh iklan, bahkan pengaruh orang lain buat coba segala hal. Hasilnya nihil. Jika kita tahu bagaimana merawat wajah dengan baik seperti bersihkan wajah sebelum tidur, tidak memegang wajah dengan tangan kotor, dsb tentu jerawat juga juga berkurang. Jadi pahami wajah sendiri dulu!

5. Tidak melakukan eksperimen kosmetik 

Agar terlihat cantik dan menarik, saya memaksakan wajah berjerawat saya dengan pakai kosmetik. Hasilnya bukan main! Wajah saya bertambah banyak jerawatnya. Saya sering memakai kosmetik milik orang lain yang menurut saya tepat untuk wajah saya. Ternyata tidak. Sebaiknya tidak usah bereksperimen kosmetik bila wajah berjerawat.   Kini kosmetik yang saya pakai sedikit mahal namun tidak menyebabkan wajah berjerawat.

6. Kemampuan yang baik dalam mengelola stress 

Bertambah dewasa, bertambah bijak pula saya dalam menghadapi kehidupan. Saat remaja, stress muncul saat kebutuhan berprestasi di sekolah/kampus tinggi namun tinggi pula persaingan. Lalu saya mudah stress karena tidak bisa menyelesaikannya dengan baik. Stress yang dihadapi ternyata bisa menjadi pemicu wajah berjerawat. Ini semacam reaksi fisik saat terjadi peningkatan reaksi emosional.

7. Konsumsi makanan sehat

Makanan sehat tidak hanya untuk tubuh yang sehat saja tetapi wajah yang sehat, bersih dari jerawat. Hasil penelitian menunjukkan makanan yang sehat dan baik bagi nutrisi kulit sangat diperlukan seperti sayur dan buah-buahan. Nah saat wajah berjerawat rupanya saya tidak mengontrol pola makan dan asupannya, jajan sembarangan sehingga memicu wajah berjerawat.

8. Punya gigi yang sehat dan bersih 

Seorang dokter kulit yang saya datangi mengatakan jerawat disekitar pipi bagian bawah disebabkan karena gigi yang tidak sehat dan mesti mengecek ke spesialis gigi. Setelah dicek, rupanya dokter gigi menemukan beberapa lubang kecil pada gigi. Jadi kesehatan gigi juga penting untuk mendapatkan wajah yang bebas dari jerawat. Setiap enam bulan sekali, saya pergi mengontrol gigi dan mengecek masalah gigi di dokter gigi. Alhasil gigi bersih dan sehat maka wajah juga bersih pula.

9. Gunakan produk rambut yang sesuai

Lain lagi cerita dokter di atas, nomor 8, saya juga sempat mendengar dari sepupu yang juga berjerawat bahwa ada pengaruh produk rambut terhadap wajah berjerawat. Rupanya ia memakai produk perawatan rambut yang membuat wajah cenderung berminyak. Lalu rambutnya yang menutupi sebagian wajah juga membuat wajah berjerawat. Sebaiknya kebersihan rambut juga diperhatikan agar wajah bersih dari jerawat. Bersihkan wajah dari rambut dengan mengikat rambut. Sekarang saya tidak lagi bereksperimen dengan pewarnaan atau perawatan kosmetik rambut. Meski shampo saya sedikit mahal yang penting cocok dan tidak menyebabkan jerawat di wajah.

10. Udara yang bersih, bebas polusi 

Menghirup udara yang bersih, segar dan bebas polusi adalah dambaan untuk hidup sehat. Hidup di tengah kota yang hiruk pikuk dengan polusi udara yang meningkat menyebabkan wajah juga mudah berjerawat. Akhirnya saya pindah dan mencari lokasi tinggal dimana saya masih bisa menghirup udara segar dan bebas polusi. 

Nah, di atas adalah alasan kemungkinan yang menyebabkan wajah saya sekarang bebas berjerawat. Silahkan dicoba!

Leave a Reply

