Mengapa Pria Bukan Pendengar yang Baik?


Diorama masa perang di Vietnam. Sumber foto: Dokumen pribadi

Hey, pria apa benar begitu bahwa kalian tidak suka mendengarkan? Menurut pengalaman saya, tidak semua pria berlaku demikian. Namun sebagian besar ya. Kini saya cari tahu mengapa pria tidak suka mendengarkan kekasih atau isterinya. 

Di bawah ini adalah hasil pandangan saya:

1. Perbedaan gaya komunikasi antara pria dan wanita 

Wanita kebanyakan adalah orang yang ekspresif, mereka bisa bercerita apa saja kepada teman atau kekasihnya. Ahli komunikasi menyatakan bahwa jumlah kata yang disampaikan perempuan tiap hari lebih banyak daripada pria. Wanita berkomunikasi tidak langsung, cenderung berbelit-belit atau tidak to the point. Sementara pria tidak suka itu. 

Belum lagi wanita juga suka berbicara di luar konteks atau topik yang disepakati. Misalnya, wanita mengatakan bahwa kita perlu membicarakan liburan keluarga. Lalu apa yang selanjutnya disampaikan oleh wanita adalah liburan orang lain, bukannya alasan kita perlu liburan atau kemana tujuan liburannya. Hal ini yang membuat pria malas mendengarkan wanita berbicara.

Perbedaan gaya komunikasi dapat diatasi jika wanita tahu siasat dan strateginya agar pria mau mendengarkan.

2. Tipe visual 

Jika pria suka wanita seksi berlekuk, itu wajar. Kebanyakan pria bertipe visual, yang berarti mereka lebih mengutamakan visualisasi/penglihatan ketimbang mendengarkan, bertipe auditoris. Untuk menarik perhatiannya, anda tinggal mematikan televisi, cari ruang yang sepi hingga pria tidak bisa melihat kanan kiri saat berbicara dengan anda. Jadikan anda pusat perhatian sehingga pria konsentrasi dan jadi pendengar yang baik.

Beruntung sekali jika anda mendapatkan pria bertipe auditoris yang mau mendengarkan keluhan atau curhat anda. Namun itu jarang sekali.

3. Tidak sabar
Pria yang suka mendengarkan wanita adalah pria yang sabar. Mereka tahu bahwa wanita banyak bicara dan ‘it takes the time‘ merasa hanya menghabiskan waktu saja bilamana mendengarkan wanita. Sebaiknya anda sebagai wanita tidak berbelit-belit saat berkomunikasi dengan pacar atau suami anda. 

Pria merasa wanita cenderung membahas hal yang sama dan pria sudah tahu jawaban permasalahan tersebut. Pria menjadi tidak sabar ketika apa yang dibicarakan wanita sudah diketahui jawabannya. 

So para pria, apa anda setuju dengan pendapat saya di atas?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s