Menjangkau Kota Hat Yai Dari Penang, Malaysia


Kota Hat Yai dari hostel tempat saya menginap. Sumber foto: Dokumen pribadi

Tak banyak turis yang tahu kota di selatan Thailand ini, Hat Yai. Mereka yang mampir biasanya karena ingin menjangkau keindahan pulau-pulau kecil di Thailand seperti Koh Lipe atau Koh Samui. Hat Yai menjadi kota transit bagi turis-turis tersebut, seperti saya yang datang dari Penang, Malaysia. 

Kebetulan ada pertanyaan yang masuk tentang perbatasan Malaysia – Thailand. Saya coba jelaskan kota transit Hat Yai juga yang dijangkau perbatasan dua negara tersebut. Dalam perjalanan saya berjumpa beberapa wisatawan yang datang bersama keluarga asal Medan dan Aceh.

Bagaimana menjangkau Hat Yai dari Penang, Malaysia?

Kota Georgetown, Penang tampak dari atas. Sumber foto: Dokumen pribadi.

Hat Yai sebenarnya bisa ditempuh lewat jalur penerbangan. Pengalaman saya kembali dari Hat Yai lewat jalur udara tidak bisa langsung ke Jakarta. Saya harus transit terlebih dulu di KLCC Kuala Lumpur. 

Jalur darat bisa ditempuh 4-5 jam dari kota Penang. Saya harus melewati border immigration seperti biasa. Sebagai orang Indonesia, kita tidak perlu visa untuk masuk ke Hat Yai, hanya mendapatkan pengesahan saja berupa cap.

Dimana saya mendapatkan tiket menuju Hat Yai?

Bis di Kota Hat Yai dan sekitarnya. Sumber foto: Dokumen pribadi

Saya memang berencana mengunjungi Thailand bagian selatan. Sayangnya saya datang saat perayaan Hari Raya Idul Fitri sehingga begitu sulit mendapatkan tiket yang dipesankan pihak hotel, tempat saya menginap. Rupanya banyak wisatawan berpergian hilir mudik Penang – Hat Yai. Maklum saat Idul Fitri menjadi peak season di Malaysia.

Saya menunda dua hari dan memilih menghabiskannya dengan mengunjungi lokasi wisata di Penang. Jadi tiket mini van menuju Hat Yai bisa diperoleh di agen-agen tempat menginap jika anda menginap di downtown Georgetown, Penang. Anda bisa katakan ke resepsionis hotel, mereka biasanya helpful

Atau anda bisa mendapatkan tiket di sekitar Prangin Mall. Harga tiket sekitar 30RM. Ada yang mengatakan tiket saya agak mahal karena peak season itu sih saya pikir. Pihak agen akan mencatat dimana anda menginap lalu akan menjemput anda nantinya. Saya memilih jam keberangkatan siang hari.

Di tengah perjalanan, kita berhenti 30 menit untuk istirahat dan makan. Makanan yang dijajakan sebagian besar masakan khas asia dengan harga terjangkau.

Bagaimana kondisi Hat Yai?

‘Nasi goreng’ saja pihak restoran sudah tahu. Sumber foto: Dokumen pribadi.

Hat Yai merupakan kota kecil dekat perbatasan Malaysia. Mini van biasanya menempatkan anda di pusat kota. Dari situ anda bisa menjangkau penginapan anda. Banyak juga hostel murah yang bisa didapatkan di sini, bahkan saya dapat menyewa kamar single. 

Ada mall atau pusat perbelanjaan yang bisa anda kunjungi. Kebanyakan orang Malaysia berkunjung ke Hat Yai untuk membeli barang-barang sekunder seperti pakaian karena harganya yang murah. Di kota ini anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke lokasi wisata Koh Lipe, Koh Samui, Krabi atau Tran yang populer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s