Mengunjungi Satun, Thailand

Jika anda ingin menjumpai keindahan laut Andaman, anda perlu melihatnya dari Satun salah satunya dengan mampir ke pulau Ko Lipeh yang sudah jadi destinasi populer atau Ko Adan. Saya mampir ke Satun hanya sebentar, berkeliling kota dan tinggal semalam. Di sini saya menjumpai toleransi beragama yang tinggi antara penduduk Satun yang mayoritas Muslim dengan penduduk lain minoritas Buddha. Padahal masyarakat Thailand adalah mayoritas Buddha namun di Satun saya menjumpai masyarakat beragama hidup rukun berdampingan. Rupanya sebagian penduduk melayu pun tinggal dan menetap di sini.

Menjangkau Satun

Saya berangkat dari Hat Yai dengan taksi yang dipesankan pihak hotel. Harganya mahal sekali sekitar 1500-1800 Baht. Namanya taksi pastinya hanya saya seorang diri sebagai penumpang dalam sedan tua. Saya dijemput dari hostel tempat menginap. Apa ada transportasi lain?

Ada, bis merupakan transpotasi yang murah dan mudah dijangkau. Anda bisa langsung ke terminal bis. Atau anda bisa mendapatkan mini van yang bisa dipesankan di area Diana Shopping Centre, Hat Yai.

Bandara udara terdekat yang saya lakukan dari Hat Yai. Setelah dari Satun, saya pun kembali terbang ke Indonesia lewat Hat Yai Airport. Lagi-lagi saya naik taksi dari guest house di Satun yang dipesankan petugas tempat saya menginap.

Sightseeing Satun

Monkey mountain. Sumber foto: Dokumen pribadi.

Monkey mountain

Jaraknya cukup setengah jam dari pusat kota dengan menggunakan sepeda motor. Saya sewa motor  bisa dipakai seharian tanpa meninggalkan uang deposit atau paspor. Entahlah, mungkin saya menginap di situ. Tidak ada tiket masuk saat saya datang alias gratis. Lokasi yang masih hijau dan seperti hutan dimanfaatkan sepasang muda-mudi buat pacaran. Begitu banyak monyet berkeliaran dan tidak berbahaya.

Wat Chanatip Chaloem

Kuil berusia sudah 200 tahun ini resminya bernama ‘Wat Mambang’ sejak 5 December 1882. Kemudian tahun 1939 diubah namanya menjadi ‘Wat Chanatip Chaloem’. Temple ini menjadi populer di  Satun

Dari Satun, anda bisa memesan paket tur ke wisata pantai Koh Lipeh atau Ko Adan.