Dua Malam di Phuket

1-phuket
Seorang biksu yang berjalan mengitari kota. Sumber foto: Dokumen pribadi

Melanjutkan keindahan laut andaman, tak lengkap bilamana tidak berkunjung ke Phuket. Phuket berada di Thailand Selatan pula. Sebenarnya bukan di Phuket-nya tetapi beberapa pulau kecil di sekitar Phuket seperti Phi Phi Island atau Krabi yang mempesona itu.

Jarak tempuh lewat udara yang saya lakukan langsung dari bandara Soetta tanpa transit ke Phuket sekitar lebih dari tiga jam dengan pesawat low cost price yang sedang promo. Harganya yang murah menggoda membuat saya ingin terbang. Lalu tergoda pula dengan promosi film James Bond yang mengambil lokasi syuting di sekitar Phi Phi Island, akhirnya saya pun datang ke Phuket. Hanya dua malam saya berkunjung ke Phuket dengan pengalaman seperti di bawah ini.

Sightseeing Phuket

Mengitari kota dengan sepeda. Sumber foto: Dokumen pribadi.

Selesai cek keimigrasian, saya pun langsung menuju layanan pesan taksi yang disediakan bandara ini, pintu keluar lalu berjalan ke sebelah kanan. Harganya bervariatif tergantung tujuan. Jika ingin ke downtown Phuket, kira-kira membayar 400 Baht. Dalam antrian, saya bertemu dengan sepasang orang Indonesia, mereka bermaksud sharing ongkos taksi biar tidak kemahalan. Sayangnya tujuan kami berbeda, mereka menuju ke Patong. Dari Phuket ke Patong, kira-kira ongkos taksi sekitar 550 Baht.

Kota Phuket tidak begitu ramai saat saya datang pada sore hari. Saya langsung menuju ke guest house yang sudah saya booking sebelumnya. Kebetulan tempat saya menginap menawarkan paket tur ke James Bond Island untuk one day trip sebagaimana rencana saya. Itu artinya saya berangkat besok pagi dan sudah tiba lagi di penginapan sore hari.

Sekembalinya dari Phuket saya mulai mengitari kota Phuket dengan sepeda yang saya pinjam di hostel. Harga sewa sepeda kira-kira 30 Baht. Saya sempat get lost ketika asyik mengitari kota, untunglah ada polisi yang membantu mengantarkan hingga mendekati tempat saya menginap.

Phi Phi Island one day trip

Salah satu sudut di pulau ini. Sumber foto: Dokumen pribadi.

Staf hostel mengatakan van akan menjemput saya sekitar jam 08.00 pagi hari di depan. Van lalu mengantar beberapa wisatawan termasuk saya dan berhenti di port. Kami naik ferry sekitar jam 08.30 untuk penyeberangan ke Phi Phi Island kurang lebih dua jam, sedangkan speedboat bisa lebih cepat. Di ferry disediakan nanas dan minuman air mineral gratis untuk penumpang.

Ternyata di port Phuket ini ada tujuan pula ke Krabi yang kata turis asal Tiongkok, bertemu saat di Hat Yai, Krabi begitu mempesona juga. Namun saya sudah terlanjur memilih untuk ke Phi Phi Island untuk satu hari ini.

Pintu masuk dermaga di pulau Phi Phi. Sumber foto: Dokumen pribadi.

Di pulau ini ada banyak resort menginap dan rumah makan untuk wisatawan yang berarti ada pilihan untuk tinggal dan menikmati keindahan lautnya. Selain itu, banyak pula wisatawan yang berjemur di bibir pantai. Pesona pantainya memang mengagumkan, pantas saja dijadikan lokasi syuting. Saya kembali ke port Phuket sekitar sore hari.