Belajar Aksara Korea


Seorang bule sedang belajar singkat aksara Korea. Sumber foto: Dokumen pribadi.

Tidak mudah bagi saya mengenal aksara korea yang tentunya tidak terlepas dari bahasa dan grammarnya. Aksara korea merupakan perpaduan antara jepang dan chinna. Lalu sebelum mengenal jauh yang lain, pertama-tama harus tahu dulu alphabetnya. Alphabet Korea disebut ‘Hangul’. Ini yang bikin stressful para bule yang ikutan belajar singkat aksara Korea. 

Di awal biasanya diperkenalkan cara menulis aksara yang disamakan dengan huruf latinnya ABC dan seterusnya. Ini yang harus diingat sebagai langkah awal menulis. Yang menarik bahwa orang Jepang dan Korea hampir menyebut huruf ‘R’ hampir mirip dengan ‘L’ misalnya mereka menyebut ‘English’ terdengar ‘Engrish’ sehingga itu mengapa aksara R dan L setipe saat menuliskannya.

Hmm, saya yang mendengarnya takjub. Nah, intinya jika kita mau gigih belajar semua pasti bisa, termasuk bilamana mencintai budaya Korea sesungguhnya. Setelahnya anda bisa belajar kosakatanya. 

Sumber foto: Dokumen pribadi

Katanya sih ada 63 juta penduduk di dunia yang berbahasa Korea, itu artinya tidak hanya di Korea saja. Ada beberapa negara yang menggunakannya. Secara gramatik aksara Korea mirip dan setipe dengan Jepang tetapi hampir 70% kosakatanya berasal dari negeri Tiongkok. Kebayangkan?

Buat yang suka mempelajari bahasa asing, silahkan dicoba! Berikut artikel tujuan belajar bahasa asing di sini.

One thought on “Belajar Aksara Korea

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s