Bayerische Leberkäse: Makanan Khas Jerman (1)


Ada banyak varian makanan khas suami saya ini, apalagi memang kebetulan dari Bayern, Jerman Selatan. Salah satunya yang biasa dipesan suami di restoran Jerman di Asia, yakni ‘Bayerische Leberkäse’ atau lebih mudah buat saya kedengarannya ‘Meatloaf’. Makanan ini dikatakan memang berasal dari Bavaria dan Austria yang memang berdekatan. 

Dari asal kata ‘Leberkäse’ yang bisa diterjemahkan dari ‘Leber’ yakni liver/hati dan ‘Käse’ yakni keju namun sebenarnya makanan ini tidak ada kaitannya dengan hati dan keju. Jadi ini boleh dikatakan ‘Meatloaf’ yang berasal daging panggang yang menyerupai roti lalu disajikan dengan irisan-irisan seperti roti tawar. 

Pembuatan 

Konon mereka mengatakan meatloaf ini sudah ada sejak 200 tahun lalu. Leberkäse dibuat dari daging yang dicincang halus yang ditaruh dalam cetakan roti. Sehingga ketika sudah selesai dipanggang, diiris seperti layaknya roti tawar. 

Apakah saya bisa memasaknya? Saya tidak bisa memasaknya karena proses baking yang perlu sense dengan waktu pemanggangan yang diatur. Jadi saya biasanya membeli meatloaf ini yang biasa dijual di toko lebensmittel

Penyajian 

Penyajiannya tergantung selera masing-masing. Ada yang disajikan bersama layaknya gulai.Setelah diiris, masak bersama bawang, paprika, saos tomat, sedikit garam, lada dan jinten. Saya belum pernah mencobanya, tetapi kata banyak orang rasanya seperti goulash suppe.

Ada pula yang seperti kesukaan suami saya yang menjadi khas Bayern. Iris meatloaf beberapa potong. Goreng dengan api kecil sebentar hingga berwarna kecoklatan. Sajikan bersama telur mata sapi dan kartoffelsalat plus acar sedikit rasanya menjadi lecker

Penyajian lain yang biasa dilakukan adalah mengiris tipis lalu disajikan fresh tanpa digoreng terlebih dulu. Mereka berpikir meatloaf sudah matang. Tradisi memakan makanan yang dingin memang khasnya. Biasanya yang dilakukan adalah menyantap bersama acar timun dan meminum segelas bir. 

Atau anda bisa memakannya bersama roti layaknya burger. Semua tergantung selera. Resep kartoffelsalat dapat dicoba di sini.

Tertarik mencobanya? Datang saja ke restoran Jerman di Asia karena biasanya menu ini biasa dicantumkan. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s