Supaya Tidak Kecewa, Ini Tips Pilih Hotel


Sumber foto: Dokumen pribadi

Saat membuka situs traveling online, ada banyak tawaran hotel yang bisa dipilih. Seratus persen hotel selalu ingin menyajikan yang terbaik dalam pelayanannya, namun bagaimana kenyataannya? Apalagi budget anda ekonomis, tentu anda harus cermat memilihnya. Daripada kecewa, coba cara berikut ini:

1. Pilih  dan pesan hotel sebelum berwisata

Saya pernah mendadak tiba di suatu kota tengah malam. Saya belum memesan hotel dimana pun. Keadaan yang mendadak seperti ini tentu tidak mengenakkan, sementara saya seperti tidak punya tujuan saat tiba pertama kali dari terminal bus perbatasan negara. Hal ini bisa menjadi incaran kejahatan karena datang tengah malam tanpa reservasi hotel.

Belajar dari pengalaman tersebut, sebaiknya kita sudah punya rencana jelas (itinerary) dalam berwisata. Bilamana anda tiba malam hari seperti yang saya lakukan itu dan anda sudah memesan hotel sebelumnya maka pihak hotel bisa menjemput anda. Terbayang tengah malam, saya dan suami menyusuri kota untuk dapat penginapan yang diinginkan. Menghindari hal tersebut, pilih dan pesan hotel sebelum berangkat itu perlu.

2. Cari hotel yang sesuai dengan ketersediaan anggaran

Saat liburan semua ingin yang terbaik, namun apa daya budget untuk hotel ada batasannya. Biasanya saat memesan hotel dengan online, saya mengurutkan dari harga termurah terlebih dulu. Atau, saya juga menyortir dengan kelas hotel berdasarkan banyaknya bintangnya. 

Namun jika beruntung, hotel bintang empat atau lima tetapi sedang promo bisa terlihat murah. Sebaiknya urutkan berdasarkan harga atau nominal ketersediaan anggaran. Tidak melulu hotel berkelas harus yang mahal. Bilamana anda memilih hotel pada kebersihan dan kenyamanan maka pilihan harga bisa disesuaikan. 

3. Pilih hotel yang strategis dan tak jauh dari lokasi tujuan wisata

Memesan hotel secara online, kini juga dilengkapi peta lokasi. Biasanya peta yang ditempelkan pada informasi hotel akan membantu kita mengetahui lokasi wisata di sekitar hotel. Peta ini juga bisa dideteksikan untuk tahu seberapa jauh hotel dengan lokasi wisata yang diinginkan. Dengan begitu, anda mulai paham jika jalan kaki maka berapa jauh perlu ditempuh dari hotel. Ini jadi berhemat ‘kan?

Selain itu pilihan strategis hotel di area downtown wisatawan akan memungkinkan anda mendapatkan akses transportasi. Biasanya saya akan cari tahu apa saja kendaraan umum yang bisa dilalui menuju hotel, tempat saya menginap. Atau jangan-jangan hotel tempat saya menginap tidak diketahui keberadaan lokasinya oleh supir taksi. 

4. Pastikan layanan dan fasilitas yang bisa didapatkan

Jika saya menginap di hotel tersebut, apa saja layanan dan fasilitas hotel yang didapatkan? Apakah dengan harga yang dibayarkan anda mendapatkan layanan memuaskan seperti yang diinginkan saat berwisata? Misalnya anda terbiasa sarapan di pagi hari sehingga anda perlu memastikan ketersediaan sarapan hotel. Atau hotel yang dipilih tidak ada akses WiFi padahal anda mesti terhubung dengan internet.

Layanan dasar di hotel yang dimaksud di masa kini biasanya mencakup sarapan, akses WiFi di hotel, perlengkapan mandi (handuk/toiletries), AC/Fan dan televisi. Nah itu yang basic. Lainnya yang penujang seperti gratis air minum kopi/teh, kolam renang, room view, kitchen, kamar mandi/shower/toilet private atau berbagi dengan orang lain. Ada pula yang memperhatikan detil fasilitas seperti laundry, receptionist/front office, area parkir, pos satpam, agen perjalanan, salon, restaurant dan toko. Daripada kecewa di awal, lebih baik tahu dulu fasilitas dan layanan hotel yang didapatkan.

5. Cek ulasan pengunjung yang pernah menginap

Jika semua sudah baik dan sesuai keinginan, biasanya saya mengecek ulasan (review) dari wisatawan lain yang pernah menginap. Ulasan ini juga mempengaruhi saya untuk memutuskan kelayakan hotel tersebut. Ulasan cenderung menilai hotel direkomendasikan atau tidak. Meski sifat ulasan bersifat subjektif, pendapat satu orang namun hotel yang banyak mendapatkan ulasan dengan pendapat baik cenderung dipilih.

Jika orang lain saja sudah berpendapat buruk tentang hotel tersebut, itu artinya anda sudah mendapatkan gambaran atau imej soal hotel itu. Setiap orang bisa berpendapat apa saja tentang hotel yang jadi tempat menginap.Oleh karena itu anda pun berhak memberikan penilaian baik atau buruk layanan hotel, tempat anda menginap. Ini akan membantu orang lain seperti saya memutuskan pilihan hotel. Tentu anda tidak akan dibuat kecewa setelah cek ulasan orang lain.

6. Apakah staf hotel helpful

Untuk mengecek di awal sebelum tiba di hotel, saya biasanya melayangkan beberapa pertanyaan ke kontak hotel via E-mail. Pertanyaan saya misalnya adakah fasilitas pick up dari bandara, jika tidak ada bagaimana akses transportsi saya menuju hotel.Pertanyaan standar ini seharusnya bisa direspon oleh pihak hotel jika mereka mementingkan layanan service memuaskan. Ini sudah menunjukkan bagaimana responsivitas staf hotel terhadap tamunya.

Tidak terbayang oleh anda saat menginap dan anda memerlukan bantuan cleaning service atau bell boy, namun tak kunjung datang. Atau mereka lambat merespon. Bayangkan pula jika anda memerlukan bantuan yang urgent dan mendesak saat menginap tetapi tak ada satu orang pun staf yang bersedia membantu anda. Nah daripada kecewa, sebaiknya pilih juga hotel yang memiliki staf yang bersedia membantu dan cepat tanggap terhadap kebutuhan tamunya.

Demikian tips dari pengalaman saya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

