7 Cara Buat Hidup Lebih Berarti


Sumber foto: Dokumen pribadi

“How to make your life so meaningful, Anna” tanya seorang teman pada saya. Saya jawab “It’s a lot of ways. Depends on your style, personality or your goals” Teman saya ini belum puas, lalu dia bertanya lagi “How did you know that your life makes meaningful every day?” 

So, here there are…

1. Set up your purpose and goal

Setiap orang di dunia ini dilahirkan dengan sebuah tujuan. Jangan katakan bahwa hidup anda sia-sia! Hidup itu pada dasarnya tidak ada artinya, namun kehadiran anda di dunia memberikan arti sehingga hidup menjadi bermakna. Lupakan siapa anda dan darimana anda berasal! Milikilah tujuan hidup sehingga anda tahu apa yang harus dilakukan! Pendidikan yang bagus, rumah yang mewah, keluarga yang sehat, pernikahan yang hebat, pekerjaan yang menakjubkan atau apa saja goal anda, itu lebih baik daripada sekedar bangun tidur pagi, bernafas hingga kembali tidur malam.

2. Be kind to others

Berbuat baik akan selalu menghasilkan kebaikan. Bahkan Tuhan pun bersabda “Balaslah kejahatan dengan kebaikan!” itu artinya tidak pernah berhenti bersikap baik pada orang lain. Mengapa? Kebaikan akan memunculkan kebermaknaan hidup. Mereka yang selalu berbagi dan bersikap baik pada orang lain merasa hidupnya lebih berarti ketimbang mereka yang tidak pernah melakukannya sama sekali. Jadi jika anda masih merasa hidup anda tidak berarti dan sia-sia, silahkan datang ke panti asuhan, rumah penyandang cacat dan komunitas masyarakat marginal, lakukan kebaikan pada mereka! Dijamin anda akan tahu arti hidup.

3. Family. Family. Family

Keluarga adalah tempat bersemainya cinta pertama dalam hidup seseorang. Siapa keluarga anda? Tidak melulu mereka adalah ayah atau ibu, bisa jadi nenek kakek anda atau pengasuh anda atau malahan keluarga angkat. Keluarga adalah awal bagaimana anda diperkenalkan pada kehidupan. Teruslah dekat, berkomunikasi dan berhubungan dengan keluarga anda dimana pun anda berada! Mereka akan mendoakan anda sehingga hidup anda berarti. Komunikasi dengan mereka membuat anda tahu apa arti kehidupan sesungguhnya karena mereka sudah berpengalaman dan yang mengajari anda. Tiada harta paling berharga selain keluarga.

4. Do your passion 

Apakah passion anda? Banyak orang yang tidak tahu apa passionnya hingga usianya sudah sepuh baru menyesal. Jika anda tidak mengenali passion, jangan harap anda kenal diri sendiri! Mereka yang mengerjakan segala sesuatu dengan cinta, akan punya gairah untuk memberi makna hidup. Jika anda tak punya gairah hidup, bisa jadi hidup anda pun meaningless. Mereka yang punya passion dalam mengerjakannya akan memahami pengorbanan. Dengan belajar berkurban, mereka akan tahu apa arti hidup ini.

5. Retreat or self reflection 

Pernah merasa bosan dalam hidup, dengan segala rutinitas keseharian? Retreat berasal dari kata latin yang berarti ‘to get away from it all’ Mengapa kita perlu mundur dari keseharian? Karena kita butuh self reflection untuk memaknai apa yang sudah terjadi dan dilakukan. Mungkin juga meditasi perlu untuk menyadari bagaimana kehidupan yang dijalani selama ini. Sebagian besar peserta retret akan pulang dengan penuh kedamaian dan kebermaknaan hidup. Daripada menghabiskan uang dan waktu untuk berbelanja hanya memuaskan keinginan namun tanpa makna, lebih baik pergi menyepi dengan menemukan kedamaian batin.

6. Make a journal

Jurnal hidup akan membantu sebagai media ekspresi dan inspirasi saat dibacakan kembali. Hidup itu sudah pasti bagai gelombang naik turun agar tetap bermakna. Namun apa pernah kita menyadari itu tanpa pernah dituliskannya dalam jurnal? Lakukan penulisan jurnal sebagai terapi diri bahwa hidup anda berarti, bermakna dan berharga. Saat anda mulai merasa meaningless dan kesia-siaan, cek jurnal anda. Jurnal akan mendokumentasikan bahwa hidup anda itu indah.

7. Have a sense of humor

Seserius apa pun hidup ini, selalu ada sisi lucu yang patut ditertawakan termasuk anda sendiri yang sedang mencari arti hidup. Bukankah anda begitu serius memaknai hidup anda sendiri sementara orang-orang di luar sana tak peduli tentang arti hidup mereka? Saya cuma ingin katakan biarlah hidup berjalan dengan misterinya agar anda tahu maknanya.  Milikilah rasa humor, tontonlah film komedi atau tertawakan kekonyolan anda! Semua ini hanya sebuah kesadaran bahwa hidup itu sudah bermakna, tidak seserius seperti pemikiran anda. Jika anda masih mencari makna hidup, tertawalah! 

Ini wise words yang baru saja saya temukan, ‘Life is without meaning. You bring the meaning to it’  Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s