Selain Gawai, Ini 6 Alat Bantu Komunikasi Selama Traveling


Jari tangan bisa jadi alat bantu komunikasi juga. Sumber foto: Dokumen pribadi.

Di masa kini, orang tak pernah lupa membawa gawai (handphone) sebagai alat komunikasi saat traveling, tidak hanya sekedar untuk menelpon. Di gawai anda bisa menikmati fitur lain semisal kamera atau tetap terhubung dengan internet untuk keperluan surat elektronik (E-mail) terjemahan kata asing atau mencari lokasi.

Pengalaman saya saat traveling misalnya saya harus berhadapan dengan penduduk lokal setempat yang tidak bisa berbahasa Inggris sementara saya tidak bisa berkomunikasi bahasa mereka. Atau, saya hendak bertanya sesuatu namun ternyata pelafalan kata dalam bahasa Inggris misalnya huruf R menjadi terdengar L, sungguh pengalaman berkomunikasi yang menarik. Anyway, komunikasi itu harus tetap dilaksanakan saat traveling agar kebutuhan kita tercapai. 

Berdasarkan pengalaman berikut 6 alat bantu komunikasi selama traveling, selain gawai atau hape:

1. Jari tangan

Saya belum memesan hotel ketika tiba. Segera saya mendapati hostel yang masih terpampang information board ‘Available Room’ yang berarti masih ada kamar kosong.  Saya lihat petugas hostel adalah seorang perempuan yang tidak bisa berbicara namun bisa mendengar dengan baik. Dia adalah seorang perempuan asal Filipina saat dia takjub saya berasal dari Indonesia. Komunikasi yang dilakukan adalah dengan jari tangan untuk berbicara berapa lama saya tinggal, berapa orang dalam kamar hingga harga per malam. Semua komunikasi dengan ekspresi tubuh dan jari tangan. Sepertinya saya dan petugas hostel ini tidak mengalami kebuntuan komunikasi. Buktinya pesan saya dan dia bisa diterima dengan baik. Rupanya jari tangan dan bahasa tubuh bisa digunakan sebagai alat bantu berkomunikasi.

2. Kertas + Pena/bulpen/pensil

Bingung bagaimana berkomunikasi dengan dua orang perempuan Jepang yang saya jumpai saat mengurus visa on arrival? Dua orang ini tak bisa berbicara bahasa Inggris. Saya terpaksa menyapa lebih dulu karena saya ingin share ongkos taksi. Harganya jadi lebih murah bila tambah dua orang lagi, pikir saya. Saya ambil kertas dan bulpen untuk menggambar mobil bertuliskan taksi. Lalu kertas saya gambari uang USD dan orang, demikian seterusnya hingga komunikasi berjalan baik. Artinya pesan dipahami oleh saya dan penerima pesan. Jadi selalu siapkan bulpen dan kertas karena sangat membantu sekali.

3. Kalkulator

Suka berbelanja membeli cinderamata? Jangan lupa bawa kalkulator! Dijamin cara ini ampuh buat menemukan kesepakatan harga. Kalkulator jadi alat bantu berkomunikasi yang baik saat saya memesan makanan di Cafe. Banyak menu makanan bernama aksara bukan huruf latin sehingga saya lebih memilih menu makanan dengan tekan angka di kalkultor saat pelayan bertanya pesanan saya.

4. Kamus

Gunakan kamus juga membantu untuk percakapan saat traveling. Cari juga kamus yang mudah dibawa dan terdapat panduan cara membacanya. Jika ingin praktis bisa juga kamus elektronik dari berbagai bahasa termasuk audio untuk diperdengarkan. Ini praktis untuk memandu anda berbicara dengan orang lokal.

5. Peta/denah lokasi

Kemana pun traveling saya selalu gunakan peta untuk menjangkau lokasi. Peta bisa didapatkan di pusat informasi turis, bandara, hotel dan lokasi wisata yang umumnya gratis. Anda juga bisa membelinya di mini market misalnya. Atau saya sudah mengunduhnya dari website sebelum berangkat. Peta ini jadi alat bantu komunikasi saat tersesat, ini memudahkan orang lokal membantu anda.

6. Kamera

Abadikan apapun selama traveling, saya pernah memanfaatkan kamera untuk menjelaskan kepada orang lokal bahwa saya mau ke lokasi tergambar di kamera. Akhirnya orang yang saya mintakan petunjuk dapat merespon pertanyaan saya. Mengapa? Saya tidak tahu penyebutan lokasi tersebut karena tidak beraksara latin. Dalam foto saya memotret lokasi dan namanya juga. Ini sangat membantu komunikasi anda juga ‘kan.

Leave a Reply

