Menyusuri Keindahan Pattaya, Thailand


Dermaga Pattaya. Sumber foto: Dokumen pribadi.

Keindahan pantai Pattaya menjelang senja. Sumber foto: Dokumen pribadi.

Apa yang muncul dalam benak anda pertama kali tentang Pattaya? Red light districts? Pantai? Kuliner? atau apa?

Mengeksplorasi Thailand memang tak pernah puas karena biaya wisatanya yang terjangkau. Sebagai contoh nih, saya dan suami berkesempatan menginap di hotel bintang tiga dengan harga promo. Murah.Wow! Bisa jadi harga ini berlaku karena kami tidak datang di saat peak seasons. Kemurahan akomodasi juga diikuti kemurahan kuliner di sana. Sebagai perbandingan saat kami memesan menu masakan Jerman, curry wurst + pomes di restoran Jerman hanya berbiaya 100 Baht saja. Murah untuk wilayah pariwisata sekelas Pattaya yang banyak dikunjungi turis mancanegara.

Kami berhenti di bandara Svarnabhumi, Bangkok menuju Pattaya dengan menumpang bis. Loket bis berada di depan food hall bandara. Setelah tiba keluar bandara, silahkan langsung turun ke lantai 1! Tiket seharga 120 Baht per orang. Bila menggunakan taksi meter menuju Pattaya kira-kira 1500-2000 Baht. Perjalanan menuju Pattaya sekitar 1,5 jam. Ada jadwal keberangkatan bis setiap jamnya mulai jam 08.00 wib hingga malam hari.

Bis akan berhenti di tiga lokasi yakni North Pattaya, Central Pattaya dan South Pattaya. Jadi pastikan dimana anda akan turun sesuai lokasi tempat anda menginap. Selepas itu, tentu anda tidak langsung bisa tiba di hotel anda. Anda bisa menumpang ojek dengan tawar menawar harga. Atau taksi meter, sesuai argo yang berjalan. Jika ingin murah, anda bisa menggunakan angkot yang disebut Baht Bus dengan biaya 10 Baht per orang.

Keindahan pantai Pattaya dari Mal Central Festival. Sumber foto: Dokumen pribadi.

Pilihan wisata di Pattaya bisa beragam tergantung minat anda. Sebagai misal wisata keluarga, anda bisa mencoba Pattaya Underwater World, Museum Ripley’s Believe it or Not, atau aneka entertainment di Royal Garden Plaza berada di Central Pattaya. Di central ini, anda bisa ke shopping mall terbesar seperti central festival mall. 

Jika ingin berjemur di pasir dan bermain di pantai, bisa datang ke north pattaya. Tak jauh dari patung lumba-lumba di north ini, anda bisa ke Sanctuary Truth, yang keindahannya sampai sekarang belum selesai dan masih dikerjakan oleh para seniman. Di north pattaya, beberapa dijumpai restoran Jerman. 

Memasuki walking street. Sumber foto: Dokumen pribadi.

Di south pattaya, anda akan menjumpai gogo bars, pub dan cafe untuk kalangan dewasa. Silahkan datang ke walking street juga untuk menikmati sensasi kuliner sea food yang murah! Berjalan menyusuri walking street hingga menemukan dermaga. Di sini menjadi pangkalan menuju pulau-pulau di seberangnya. Jika ingin menikmati keindahan dan kesunyian pantai, bisa menyeberang ke Coral Island. 

Tips dari saya:

1. Jika ingin harga murah dan tidak terlalu padat wisatawan, jangan datang saat liburan!

2. Gunakan kacamata, topi, sunblock/pelindung kulit dan alas kaki yang nyaman.

3. Berkeliling seputar Pattaya cukup gunakan angkot Baht Bus karena lebih murah. 

4. Kuliner di Pattaya terbilang murah dan kaya. Namun pastikan makanan yang anda pesan untuk menghindari alergi dan kehalalannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s