Linderhof Palace: Istana Linderhof yang Misterius di Bavarian, Jerman


Linderhof Palace tampak dari luar berselimutkan salju. Sumber foto: Dokumen pribadi.

Jika anda ikut paket tur menuju Kastil Neuschwanstein, seperti yang pernah diceritakan di sini,  anda akan berhenti juga di salah satu istana King Ludwig II dari Bavarian yakni Linderhof Palace. Boleh dibilang istana ini menjadi tempat istirahat kala Raja Ludwig II mulai meletakkan batu pertama pembangunan Kastil Neuschwanstein, kastil impian seperti di negeri dongeng.

Ada banyak legenda dan versi yang bisa diceritakan kata si tour guide yang mengantarkan grup kami ke sana. Sebagai contoh King Ludwig II punya ambisi membangun kastil termegah, namun tak pernah selesai. Bahkan istana ini yang sudah rampung pun masih ada perbaikan di kamar pribadi raja. Sang Raja pun tak sempat melihat renovasi kamarnya. Beliau pun ditemukan meninggal secara misterius hingga tak bisa mengetahui karya impiannya, Kastil Neuschwanstein.

Istana ini tidak sebesar istana pada umumnya karena kenyataannya hanya ada empat kamar yang berfungsi baik. Istana ini juga tidak semegah Versailles, istana raja Perancis. Konon pula King Ludwig II begitu mengidolakan Raja Louis XIV. Jadi istana ini disebut Royal Villa sebab menjadi tempat peristirahatan raja yang mewah. Mewah karena memakan biaya yang cukup fantastis. 

Hal yang menarik adalah banyak cermin di dalamnya yang konon seperti menciptakan ilusi jalan. Kata si tour guide begitu, tetapi saya tidak berani coba takut nyasar di dalam meskipun istana ini tidak besar. Lalu kedua yang menarik, di kamar pribadinya itu ada semacam bilik pengakuan dosa. Wah, keren juga ya! Lalu semua furniture terlihat glowing sehingga terkesan mewah. 

Sekali lagi saya katakan kami tidak boleh mengambil foto kondisi di dalam istana. Tour guide dan petugas depan istana sangat melarang kami. Kami berjalan menyusuri istana dalam jumlah grup-grup kecil. Di luar istana boleh difoto, tetapi hello kondisi salju dan dingin yang menyengat membuat kami urung ambil foto. 

Istana ini memang seperti sebuah misteri layaknya kematian King Ludwig II yang tidak diketahui penyebabnya. Istana ini adalah simbol impian dan kenyataan. Oh ya nama Linderhof, kabarnya berasal dari pohon Linden yang sudah berusia ratusan tahun, yang tumbuh di sekitar istana. Wah!

Anyway, ini tips menuju ke sana:

  • Ikut paket tur yang tersedia di dekat Hauptbahnhof München, biar lebih mudah. Pilih saja tur ke Kastil Neuschwanstein!
  • Sebaiknya jangan pergi saat salju turun, repot bo! Susah juga pemandangan di luar istana jadi tertutup salju. Konon ada taman yang indah depan istana.
  • Ikuti aturan petugas dan tour guide karena jika melanggar, kita dilarang masuk meski sudah bayar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s