Mie Pho, Khas Vietnam Ini Pernah Dicoba Presiden Amerika


Sumber foto: Dokumen pribadi.

Foto saat mantan Presiden Amerika sedang makan mie Pho. Sumber foto: Dokumen pribadi.

Konon jika anda mampir ke Ho Chi Minh City, hidangan mie Pho wajib dicoba. Mengapa? Mie pho itu semacam hidangan di Vietnam yang bisa dimakan sebagai sarapan, makan siang hingga makan malam. Wow!

Mie Pho terdiri atas untaian mie kuning ditambah bumbu khusus lalu punya kuah kaldu dan tambahan daging cincang. Pilihan daging ayam juga tersedia. Jika diaduk kuahnya maka ada sayuran yang ditambahkan bisa tauge, wortel, kentang atau sesuai selera. Ada lagi yang diletakkan terpisah daun ketumbar dan jeruk nipis, jadi bebas sesuai selera bisa ditambahkan dalam mie pho juga. Rasanya mantap bila anda suka mie berkuah seperti mie ramen Jepang, cuma bumbu kaldunya beda.

Konon sejarah mie Pho berasal dari Vietnam Utara namun sekarang sudah menyebar ke seluruh Vietnam, termasuk Ho Chi Minh City. Jadi jika berkunjung ke Vietnam, jangan heran bila berjamur restoran yang menjajakan mie pho! Bahkan mie ini juga dijual di pedagang kaki lima yang mangkal, tak jauh dari area penginapan saya. Asyik, harganya murah! 

Tidak hanya di Vietnam, mie Pho sekarang sudah mendunia. Beberapa mall di Jakarta sudah menjual sensasi makanan khas Vietnam ini. Silakan dicoba tanpa perlu ke Vietnam langsung! Di Indonesia ada mie Pho, di Jerman juga ada. Ingat cerita saya di sini. Di München, saya menemukan orang Vietnam yang tinggal menetap dan buka usaha kuliner. 

Mie Pho versi berbeda. Sumber foto: Dokumen pribadi.
Mie Pho versi Mie Pho 2000 yang pernah dikunjungi Presiden Amerika. Sumber foto: Dokumen pribadi.

Namun jika anda penasaran, ingin tahu mie Pho yang enak dan populer, datang langsung ke Kota Saigon atau HCMC ini. Ada 1 restoran mie yang kabarnya pernah dikunjungi salah satu Presiden USA. Wah! Gegara saya dapat informasi dari warga lokal, ada restoran mie Pho favorit yakni Mie Pho 2000. Tempatnya sangat strategis jalan, pojok dan dekat dengan Ben Tanh Market. Habis nge-mie, bisa langsung belanja oleh-oleh. Seru! Infonya bisa dilihat di sini.

Sebagai bukti bahwa mie Pho 2000 pernah dikunjungi Presiden Bill Clinton, si empunya restoran memajang fotonya di dinding restoran. Keren! Harganya juga layak dengan rasanya yang sedikit berbeda dibandingkan mie Pho lainnya. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s