Pasar Tradisional Khas Natal di Jerman 


Salah satu sudut Christkindlmarkt di Jerman. Sumber foto: Facebook Group.

Ada banyak sebutan untuk mengatakan Christmas Market di Jerman. Pasar tradisional yang khas ini memang ada selama natal. Dibuka saat dimulainya minggu Adven pertama hingga berakhir saat natal tiba.

Tidak ada nama resminya, di Jerman bagian selatan dan Austria mereka lebih suka menyebut pasar natal ini Christkindlmarkt. Christkindlmarkt diterjemahkan dalam pengertian harafiah ‘Pasar Kanak-kanak Yesus’ karena natal identik dengan kelahiran Yesus Kristus, sehingga ada pula yang menamakannya Christkindlesmarkt atau Christkindlmarket. Namun natal sendiri dalam bahasa Jerman diterjemahkan ‘Weihnachten‘ sehingga ada pula yang menyebut pasar ini menjadi Weihnachtsmarkt.

Berdasarkan temuan sebuah foto, pasar khas natal ini ditemukan yang tertua berada di München tahun 1310. Kemudian seiring berjalan waktu pasar ini menyebar di seluruh kota di Jerman, bahkan negara tetangga yang berbahasa Jerman, seperti Swiss dan Austria. Kini natal tak lengkap di Jerman bila tidak berkunjung dalam keriyaan di pasar ini yang hampir ada di setiap sudut kota. 

Ada beragam pernak-pernik khas natal yang dijual, termasuk panganan khas seperti kue jahe dan glühwine. Di sini, anda bisa membeli hadiah natal untuk orang tercinta, atau sekedar lihat-lihat juga boleh.

Selain itu, pasar khas ini memadukan tradisi berdagang dan aktivitas charity, semacam bazaar ya. Inspirasi ini kemudian menyebar di berbagai belahan negara lain di benua Eropa. Bahkan di negeri Paman Sam pun sudah ada christmas market ini seiring terjadinya imigrasi yang membawa tradisi khas menjelang natal dari Jerman.

Jika ingin mampir, berikut tipsnya:

  1. Agar bisa melihat keindahan kerlap-kerlip lampu di kegelapan malam, disarankan datang malam hari.
  2. Pastinya untuk menghalau dinginnya dan nyaman selama di pasar, disarankan memakai baju winter. Jadi jangan sampai salah kostum dan menggigil kedinginan!
  3. Siapkan uang tunai. Namanya pasar tradisional, tetap saja transaksi dilakukan cash dan tidak terima kartu kredit.
  4. Bawa tas belanja, ingat mungkin penjual tidak menyediakan kantong belanja buat anda.
  5. Gunakan alas kaki yang nyaman dan tertutup!
  6. Hati-hati copet juga, apalagi saat di keramaian.

Selamat berbelanja!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s