Ini Perlu Diketahui Bila Menjangkau Perbatasan Thailand – Kamboja


Sumber foto: Dokumen pribadi.

Jika sudah tiba di Pattaya, rasanya ingin segera mampir juga ke Siem Reap, Kamboja. Mengapa? Siem Reap memiliki destinasi wisata menarik Angkor Wat yang punya kejayaan masa lalu dengan komplek candi yang luas. Saya pernah menjangkau perbatasan Vietnam – Kamboja untuk mengunjungi Seam Reap, namun jarak terdekat berasal dari Thailand – Kamboja.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjangkau perbatasan:

1. Sebagai orang Indonesia tentu kita tidak perlu visa berkunjung ke Kamboja. Dulu berkunjung pertama kali tahun 2010, saya dikenakan Visa on Arrival (VOA) 20 USD. Sekarang hanya pengesahan cap saja. Anda juga berhak menolak petugas bilamana mereka masih menagih uang atau sekedar tips.

2. Jika turis seperti suami asal Jerman maka perlu visa. Jika berkunjung tak lama, katakanlah beberapa hari sebaiknya gunakan VOA yang bisa diurus via online. Setelah urus, bisa langsung print out buktinya dan tunjukkan ketika tiba di border. Link-nya visa dicek di sini.

3. Namun bagi turis non ASEAN dan belum sempat urus VOA by online, anda juga bisa datang langsung di perbatasan dan mengurus manual. Biaya yang diperlukan 30 USD + 100 Baht atau membayar 1200 Baht. 

4. Sebelum berkunjung ke Kamboja, tak perlu repot tukar yang ke mata uang lokal, Cambodian Riel cukup gunakan mata uang USD. Transaksi bisa memanfaatkan USD seperti bayar hotel, bayar tuk tuk (kendaraan lokal), makanan di restoran atau beli sovenir.

5. Bila berangkat dari Bangkok bisa pilih bis dari Victory Monument atau dari Pattaya bisa menggunakan van. Van bisa diperoleh di area dekat Big C, South Pattaya. Harga tiket mini van per orang 250 Baht. Waktu tempuh sekitar 5-6 jam. 

6. Bila berangkat dari Seam Reap ke Bangkok, tiket bisa dipesan pihak penginapan atau datang langsung ke area night market. Untuk berangkat ke Bangkok, sebaiknya pilih rute jam 08.00 pagi. Ada beberapa pilihan keberangkatan hingga jam 14:00, namun anda akan sampai larut malam atau hanya sampai perbatasan saja dan tinggal di perbatasan saja. 

Ada banyak pilihan destinasi yang ditawarkan bila di Seam Reap. Datang saja ke agen ticket box yang banyak terdapat di area night market. Sumber foto: Dokumen pribadi.

7. Harga ongkos bis Seam Reap – Bangkok per orang 14-15 USD. Bisnya nyaman. Jika berangkat jam 08:00, anda akan berada di border imigrasi sekitar makan siang. Setelah urusan imigrasi selesai, bis akan berhenti di restoran untuk makan siang dan rehat sebentar.

8. Border immigration tidak dibuka pada malam hari, jadi sebaiknya hindari berangkat terlalu siang baik dari Thailand maupun Kamboja.

9. Di area perbatasan Aranyaprathet, ada mall dan restoran. Banyak orang berbelanja di sini karena diklaim bebas pajak. 

10. Jika dari Bangkok/Pattaya menggunakan kendaraan hingga perbatasan maka untuk melanjutkannya di Poipet ke Seam Reap bisa gunakan taksi. Tawar saja 1 orang dikenakan 10-12 USD. Jika dari Seam Reap menuju perbatasan saja maka anda dapat menyewa taksi atau baht bus (semacam Angkot) dengan harga variatif. Sebenarnya ada kereta juga dari perbatasan, namun jalannya tidak secepat bis/van.

Sewaktu saya berkunjung, area perbatasan sedang mengalami renovasi dan sungguh tak nyaman. Tampak berantakan, polusi akibat pembangunan gedung, bising dan crowded. Rute yang sering dipakai traveler Indonesia kebanyakan dari Vietnam ke Kamboja baru kemudian Thailand. Namun semuanya itu seru. 

Selamat bertualang!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s