Sudah Sukseskah Saya? *Refleksi Akhir Tahun


Ketika saya mewawancarai beberapa teman tentang ukuran sukses ternyata jawaban mereka bervariasi. Mengapa? Rupanya ukuran sukses bukan baku dalam hidup,  bahkan bersifat dinamis tergantung kondisi jaman. 

Sudahkah sukseskah saya? Muncul pemikiran tersebut menjelang akhir tahun,  periode normal untuk merenung sepanjang tahun yang terlewat. 

Bagi sebagian orang,  sukses dikategorikan dengan capaian kepemilikan barang punya ini itu,  rumah,  mobil dan benda-benda berharga yang bernilai wow. Sukses bagi yang lain,  ketika berhasil mencapai pekerjaan impian,  jadi pegawai pemerintahan atau pengusaha misalnya. Sukses bagi yang lain,  lagi ketika mereka mampu mewujudkan niat mereka seperti menikah,  lulus kuliah,  traveling,  dan sebagainya. Ini yang membuat perbedaan bahwa sukses bagi saya, belum tentu sukses bagi anda. 

Dua minggu menjelang awal tahun yang baru,  apa ukuran sukses saya masih sama dengan tahun ini? Apa terjadi perubahan ukuran sukses?  Atau malahan  takut membuat perubahan hidup. Hello, mereka yang takut terhadap perubahan adalah salah satu indikator ketidaksuksesan.  Kata bapak saya,  jika kita mau sukses maka harus berani menerima perubahan. 

Jika dulu saya sulit memaafkan orang lain, maka kini sukses adalah ketika saya mau mengampuni orang lain yang bersalah pada kita. Apa itu sukses? Yups, sukses berarti kita mampu melampaui apa yang selama ini sulit dilakukan. Bagi orang bijak,  sukses berarti kita berhasil keluar dari zona nyaman selama ini. Jika selama ini kita sudah kerja keras namun belum merasa sukses maka coba pikirkan, apakah anda sudah siap keluar dari zona nyaman anda jika ingin sukses? 

Jika dulu suka membicarakan orang lain, kini be smart,  bicarakan ide-ide. Jika dulu tak pernah buat jurnal atau hidup tanpa rencana, kini lanjutkan hidup dengan teratur.  Jika dulu suka membeli barang-barang yang tak perlu,  kini berhemat dan manfaatkan apa yang sudah dibeli. Minimalis dalam hidup sehingga tidak menjadi orang yang merepotkan. Jika bisa dibuat simpel,  mengapa harus berpikir yang sulit? Ayo berubah! 

Apakah sukses identik dengan perubahan? Apakah menjadi sukses perlu berubah? Siapa bilang orang yang sukses tidak melewati perubahan? Silahkan tanya pada orang-orang sukses sekitar anda atau mereka yang sudah sukses dan mendunia sekarang.

Menjelang akhir tahun,  sudah siapkah kita berubah jika kita ingin sukses?

So guys,  do not wait for things to happen, go out and happen to things!  

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s