Mengenal King Sejong: Pencipta Abjad Korea (Hangeul) 


img_0324
Patung Raja Sejong Yang Agung. Sumber foto: Dokumen pribadi.
img_0322
Salah satu diorama yang menjelaskan upaya raja menciptakan Hangeul. Sumber foto: Dokumen pribadi.

 

img_0313
Lokasinya berada tak jauh dari Gyeongbokgung Palace. Sumber foto: Dokumen pribadi.

Memang tidak mudah mempelajari aksara korea, seperti yang dituturkan teman sesama turis asal Australia ini. Dia sudah delapan kali bolak balik ke Korsel untuk keperluan pekerjaan namun sulit baginya mengenal abjad korea yang dikenal Hangeul ini.

Adalah Raja Sejong Yang Agung, raja ke-4 dari dinasti Sejong yang memerintah Korea kala itu dan berjasa dalam menciptakan Hangeul, abjad Korea. Hal ini dilakukan untuk menggantikan penggunaan penulisan Hanja. 

Hanja pada dasarnya dipergunakan untuk menulis kata dalam bahasa Korea dengan tulisan Cina. Sedangkan masa itu, Hangeul hanya digunakan untuk kalangan bangsawan saja. Raja pun memperkenalkan Hangeul ini yang menurutnya sesuai dengan karakter bangsa Korea.

Tidak hanya sastra, raja juga banyak berperan dalam iptek dan pertahanan negara. Untuk menghormati jasa-jasa Sang Raja, dibuatlah patung dan galeri biografinya agar dikenal publik, termasuk wisatawan seperti saya. Anda bisa menemukannya di Gwanghwamun Plaza.

Gwanghwamun Plaza letaknya berada tidak jauh dari istana terbesar, Gyeongbokgung Palace. Anda akan melihat patung raja yang besar dari kejauhan. Masuk ke bawah galeri, anda akan menemukan kisah raja dalam bentuk diorama. Silahkan datang karena tempat ini terbuka untuk umum dan gratis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s