5 Ide Resolusi Awal Tahun


Banyak informasi berseliweran mengenai resolusi awal tahun. Lalu apa resolusi anda sendiri? Resolusi dipandang sebagai pertumbuhan diri ke arah yang lebih baik. Resolusi memerlukan perubahan, bukan tidak mungkin perlu komitmen agar bisa ditepati. 

Di bawah ini lima ide resolusi awal tahun yang mungkin bisa jadi pilihan:

​1. Rajin olahraga dan perbanyak jalan kaki

Sudah banyak riset membuktikan bahwa olahraga perlu buat kesehatan tubuh dan mental. Jika dulu tak pernah menyempatkan olahraga karena kesibukan pekerjaan, urusan rumah tangga dan hal-hal lain maka tahun yang baru perlu bertekad untuk melaksanakannya. Olahraga bisa dilakukan terjadwal dan rutin. Anda bisa lakukan dari yang gratis hingga keikutsertaan di tempat kebugaran. Jika dulu malas berjalan kaki, sekarang jalan kaki selama 10-30 menit dari parkiran mobil atau istirahat makan siang. Lakukan olahraga untuk kebaikan anda! 

2. Kurang konsumsi junk food atau makanan instan

Dulu tak punya kesempatan memasak makanan di rumah, sekarang sempatkan waktu contek resep di internet. Rasakan masakan sendiri saat wiken atau lenggang dari pekerjaan. Tidak melulu memasak di rumah, intinya kurangi makan yang instan atau junk food. Pertimbangkan kesehatan anda! Bukankah sehat adalah aset berharga? 

3. Mulai kursus

Apa yang perlu ditingkatkan dalam hidup anda? Bahasa, keterampilan, keahlian tertentu atau apa saja. Jika dulu tak bisa memasak, sekarang coba kursus memasak 4 kali pertemuan misalnya. Atau ingin punya usaha, coba kursus jahit tas hand made, siapa tahu berpeluang? Ingin promosi kerja, coba kursus bahasa asing atau keahlian tertentu seperti kursus komputer, kursus pajak, kursus desain grafis dan lain-lain. Berilah peluang untuk pertumbuhan diri karena belajar tak pernah kenal usia! 

4. Perbanyak waktu bersama keluarga

Dulu waktu begitu sibuk dengan bekerja dan wiken untuk bisnis yang lain, kini sempatkan sebulan sekali untuk acara keluarga. Atau dulu tak pernah temani anak belajar, kini sempatkan dua – tiga kali dalam seminggu membantu pekerjaan sekolah anak. Dulu tak punya waktu untuk makan malam bersama keluarga, sekarang bayar waktu tersebut dengan seminggu sekali makan bersama. Bukankah keluarga adalah harta yang berharga? 

5. Menabung

Meski gaji sudah cukup, tabungan juga mengalir dari berbagai sumber namun menabung itu penting untuk masa depan. Jika uang recehan dipandang sebelah mata, sekarang siapkan kotak untuk koin yang bisa dikumpulkan untuk ditabung atau disumbangkan. Jika dulu terbiasa menghabiskan waktu dengan berbelanja sekian juta dalam sebulan, sekarang sisihkan dulu di tabungan baru berbelanja. Jika dulu meremehkan uang sepuluh ribu rupiah, sekarang kumpulkan setiap hari sepuluh ribu rupiah maka setahun menjadi hampir empat juta rupiah. 

So apakah anda terinspirasi mencobanya? 

Saya sendiri ingin resolusi yang baru yakni rutin menulis. Jika dulu menulis jika ada mood, sekarang saya usahakan untuk menghasilkan lebih 15-20 artikel dalam sebulan. Bukankah resolusi awal tahun itu mengasyikkan? 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s