Punya Binatang Peliharaan (Pets) Picu Kebahagiaan


Baru-baru ini saya nonton televisi, ada seorang wanita yang hidup bahagia dengan lebih dari seribu kucing. Wow! Begitu bahagianya dia memelihara kucing, dia bahkan siap menerima kucing yang ditelantarkan orang lain. 

Di artikel sebelumnya, saya menuliskan hasil riset yang menunjukkan binatang peliharaan menjadi terapi atasi stres. Nah kini saya ingin berbagi bahwa memiliki binatang peliharaan akan memicu kebahagiaan. Ini yang menjadi alasan bagi sebagian orang pecinta binatang untuk melindungi dan membela agar binatang tidak hidup terancam. 

Sumber foto: Dokumen pribadi.

Jurnal psikologi yang diterbitkan secara online, Journal of Personality and Social Psychology menemukan bahwa mereka yang memiliki anjing atau kucing sebagai binatang peliharaan punya selfesteem yang tinggi. Self-esteem adalah istilah psikologi dengan terjemahan bebasnya ‘penghargaan diri’ atau bagaimana seseorang memaknai dirinya agar berharga. 

Mengapa punya binatang peliharaan dapat memicu rasa bahagia? Rupanya binatang peliharaan mencegah rasa penolakan. Coba kita lihat mana ada anjing atau kucing yang kita sayangi dan beri makan menolak atau membenci kita. Hal ini yang membuat self-esteem kita bertambah. 

Meski riset yang diterbitkan pada 2011, namun kenyataannya hingga kini riset tersebut masih teruji sebagai penguat rasa kebahagiaan. Sepuluh tahun lalu, hampir setiap rumah tangga di Amerika punya setidaknya satu binatang peliharaan, bagaimana tahun ini? Bagaimana di Indonesia? 

Dari uraian di atas, saya bisa menyimpulkan poin kebahagiaan bahwa bahagia itu saat seseorang bisa diterima, diperlakukan secara manusiawi dan dicintai. Sesederhana itu bahagia? 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s