Meerrettich: ‘Cocolan’ Semacam Wasabi


Suatu kali saya dan suami mampir di restoran Jepang di Asia. Kami pesan sushi. Selang beberapa lama, disajikan sushi pesanan dan beberapa bumbu pelengkap termasuk wasabi. Itu loh yang berwarna hijau dan rasanya pedas menyengat di hidung.

Suami saya mencicipi wasabi pertama kali dan teringat salah satu ‘cocolan’ yang biasa dimakan juga di Jerman. ‘Cocolan’ ini sama khasnya seperti wasabi, yakni pedas menyengat. Biasanya dimakan bersama Debreziner, semacam wurst atau sosis yang agak pedas. Lihat gambar di bawah!

Anda pernah tahu bagaimana wasabi dibuat? Begini, wasabi berasal dari batang tanaman Eutrema Japanicum atau katanya ‘lobak jepang’ yang diparut. Ini saya lihat dalam dokumenter televisi Jepang tentang bagaimana pembuatan wasabi. 

Berdasarkan sumber lengkap di sini, wasabi berharga mahal. Bisa jadi wasabi untuk sushi di restoran merupakan pasta, artinya tidak secara langsung dibuat dari tanaman tersebut.

Nah, di Jerman saya mencoba ‘cocolan’ yang dikatakan suami semacam wasabi. Warnanya putih. Namun kami tak ada waktu membuatnya sendiri, beli jadi di supermarket. Rasa ‘cocolan’ ini ternyata menyerupai wasabi, panas menyengat di hidung. Namanya Meerrettich, masih serumpun dengan lobak, boleh dikatakan lobak pedas.

Cocolan ini ternyata berasal dari batang akar tanaman. Warna yang dihasilkan putih. Kebetulan suatu kali saya mampir ke taman semacam apotek hidup. Ada banyak aneka tanaman di sana, termasuk tanaman yang menghasilkan cocolan seperti wasabi, meerrettich. Tanaman tersebut tumbuh di sana (lihat gambar).

Saya tidak tahu apakah ini masih satu rumpun dengan tanaman penghasil wasabi. Mengapa? Karena rasa dan efeknya sama, hanya wasabi hijau sedangkan meerrettich warna putih. Hmm, mungkin bisa tanya ke ahlinya ya. Well, good to know!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s